Luar biasa, ditemukan lagi tujuh Menhir

Seorang petugas tunjukan tempat ditemukannya Menhir (foto:tgr/BNC)
Seorang petugas tunjukan tempat ditemukannya Menhir (foto:tgr/BNC)
Lokai lain penemuan Menhir di Purbalingga (foto:tgr/BNC)
Lokai lain penemuan Menhir di Purbalingga (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA –  Legenda Wilayah Purbalingga yang menjadi tempat asal-usul manusia purba, ternyata semakin terlihat jelas. Tim Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Purbalingga, Selasa (8/9) menemukan kembali tujuh Menhir sekaligus. Temuan tujuh batu tempat pemujaan ini berada dalam radius dua kilometer dari temuan dua buah menhir sebelumnya pada akhir bulan lalu. Lokasi penemuan kali ini berada di Dukuh Arca, Kadus V, Desa Tunjungmulih, Kecamatan Karangmoncol.

Arkeolog dari Disbudparpora Adi Purwanto, S.Si,  M.Si mengungkapkan, temuan tujuh buah menhir ini sangat luar biasa. Karena dalam sejarah, baru pertama kali temuan spektakuler tentang tanda-tanda jaman pra-sejarah.

“Posisi temuan Menhir kali ini sangat berserakan. Letaknya juga tidak beraturan, berbeda pada temuan dua buah Menhir sebelumnya yang menunjukkan arah Utara-Selatan. Diatas temuan batu yang berserakan, terdapat punden berundak yang tertata rapi,” kata Adi Purwanto kepada Banyumasnews.com.

Dijelaskan Adi, temuan Menhir tersebut dipastikan berasal dari jaman Megalitikum pada Abad I dan II. Ukuran Menhir bervariasi antara 2 hingga 3 meter. “Struktur menhir kali ini lebih halus dibanding temuan sebelumnya. Ukuran terbesar bahkan ada yang lebih dari 3 meter,” kata Adi Purwanto.

Adi menambahkan, temuan Menhir tersebut untuk sementara tetap dibiarkan pada lokasi penemuan. Hanya saja, lokasi temuan dipagar agar tidak rusak. “Kami akan meneliti temuan ini bersama tim dari Balai Purbakala Jateng, Rabu (9/8) besok,” kata Adi. (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.