Dicari kakang-mbekayu duta wisata Purbalingga 2009

Ditulis 07 Sep 2009 - 16:02 oleh Banyumas1
Para juara Kakang Mbekayu 2008 yang segera melepaskan predikatnya (foto:tgr/BNC)

Para juara Kakang Mbekayu 2008 yang segera melepaskan predikatnya (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) membuka kesempatan kepada remaja putra-putri yang memenuhi syarat untuk mengikui pemilihan Kakang-Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2009. Pasangan Kakang-mbekayu terpilih nantinya akan mengikuti seleksi mewakili Purbalingga dan selama satu tahun kedepan diwajibkan mempromosikan kegiatan pariwisata Purbalingga.

Kepala Disbudparpora Purbalingga Drs Suyitno yang juga ketua panitia kegiatan, Senin (7/9) mengatakan, persyaratan peserta antara lain pelajar SMA/SMK, mahasiswa berusia antara 17 – 25 tahun dan belum menikah. Peserta sehat jasmani, rohani, dengan tinggi badan minimal 165 cm untuk putra dan 160 cm untuk putri. “Keikutsertaan peserta bisa mewakili perusahaan, kecamatan, sekolah, perorangan,” kata Suyitno.

Tepat pendaftaran, jelas Suyitno, bisa dilakukan di kantor Disbudparpora Jalan Piere Tendean, Dinas Pendidikan di jalan S Parman, di sekretariat Tim penggerak PKK Kabupaten di kompleks pendopo Dipokusumo Purbalingga. “Waktu pendaftaran dimulai 14 September hingga 28 September 2009 . Pada saat mendaftar, peserta menyerahkan foto berwarna ukuran seluruh badan dan pas foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 buah,” jelas Suyitno.

Tahapan pelaksanaan pemilihan Kakang-Mbekayu, lanjut Suyitno,  dimulai pada 1 oktober 2009 technical meeting, tes kemampuan dan wawancara 2 Oktober 2009, gladi bersih 2 oktober (sore), dan Grand Final pada 3 Oktober 2009 (pagi). Grand final akan dilaksanakan di kompleks taman wisata akuarium raksasa Purbasari Pancuranmas Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara. “Untuk tes wawancara dan kemampuan antara lain pengetahuan umum, kepribadian, bahasa Inggris, dan budaya Jawa,” kata Suyitno.

Suyitno menambahkan, panitia akan memilih juara untuk beberapa kategori. Untuk juara I pasangan kakang-Mbekayu selain mendapat tropy juga mendapat uang pembinaan. Juara I ini juga diwajibkan mewakili Purbalingga pada ajang yang sama tingkat Provinsi Jateng. (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response