BI Purwokerto dibanjiri penukar uang

Ditulis 07 Sep 2009 - 15:36 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Dua minggu menjelang Lebaran, Bank Indonesia dipenuhi masyarakat yang berniat untuk menukarkan uang pecahan.  Meskipun pelayanan baru dilakukan pada pukul 08.00 WIB , namun pengambilan nomor antrean sudah dilakukan sejak pukul 05.30 WIB . Hingga pukul 11.24 WIB siang,jumlah nomor antrianpun mencapai 1180 orang. Kebanyakan dari mereka menukarkan uang tersebut untuk dibagikan kepada sanak keluarga saat lebaran nanti.

Ibu Suparyati warga Kebumen mengaku antre dari jam 06.00 pagi.   “Uangnya mau saya bagikan ke cucu-cucu saya yang datang dari Jakarta. Seja pagi saya belum dapat giliran” ujar Suparyati.

“Yang datang pagi saja ngantrinya lama sekali apalagi yang datangnya siang, saya ngantre mau tukarkan uang yang mau dipakai untuk lebaran nanti sekalian mau lihat uang pecahan 2000-an yang baru” ujarn Slamet pengantre lainnya dari Kemranjen Banyumas .

Penjagaan ketat dilakukan Polisi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Polisi menggunakan alat metal detector di pintu masuk BI. Polisi pun berjaga-jaga di parkiran dan kerumunan masyarakat yang mengantre.

Pimpinan Bank Indonesia Purwokerto Dudi H, mengatakan bahwa BI hari ini (Senin,07/09) menambahkan waktu penukaran uang. Bila pada hari-hari sebelumnya pelayanan hanya dilakukan pada hari senin dan kamis saja maka menjelang Lebaran yakni hingga tanggal 17 September pelayanan dilakukan dari hari Senin hingga Sabtu kecuali hari Jum’at dari jam 08.00 hingga jam 12.00 WIB.

“Pembagian dilakukan secara merata, untuk masing-masing pecahan kami batasi penukarannya. Dalam sehari jumlah keseluruhan transaksi penukaran kurang lebih mencapai Rp.50 milyar . Jumlah itu 3 milyar diantaranya guna kepentingan hari Lebaran” tutur

Jelang lebaran,para penukar uang di BI Purwokerto membludak hingga ke halaman (foto:cit/BNC)

Jelang lebaran,para penukar uang di BI Purwokerto membludak hingga ke halaman (foto:cit/BNC)

Dudi (banyumasnews.com/cit).

Tentang Penulis

Leave A Response