Warga sesalkan empat alarm tsunami tak berfungsi

CILACAP-Gempa yang terjadi di Kabupaten Cilacap, seharusnya bisa terdeteksi lebih awal di jika saja alarm peringatan tsunami berfungsi dengan baik. Namun, pada kenyataannya alat bantu dari pemerintah pusat itu tidak berbunyi sama sekali.

Warga Cilacap menyesalkan dinas Pemkab dan Dinas BMG yang tidak respon terhadap hal tersebut. “ Sudah pemerintahannya kacau, ada gempa seperti ini juga sama sekali seperti tidak perduli,” ujar Sino, warga Sidakaya Cilacap.

Tidak berfungsinya alarm diakui oleh Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap , Hidayatul Mukhtar, Kamis (04/09). Menurut Hidayatul Mukhtar diperkirakan power supply dari alarm tidak berfungsi sehingga alat tersebut tidak berbunyi.

Setelah mengecek ke lokasi penempatan alat deteksi tsunami ,seperti di Jetis dan Widarapayung, benar saja alat tersebut mati. Hidayat beralasan, pengelolaan 4 alat deteksi dini tsunami itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten, bukan pihaknya.

Hidayat menegaskan, pihaknya tidak dapat memperkirakan terjadinya gempa atau bencana yang akan terjadi. Untuk itu ia mengimbau warga Cilacap tetap tenang, meski harus waspada, mengingat Cilacap berada di wilayah rawan gempa dan bencana alam lain (banyumasnews.com/gir)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.