Ratusan Calhaj bermasalah terancam gagal berangkat

Ditulis 03 Sep 2009 - 22:10 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Permasalahan haji masih menjadi persolan pelik . Setidaknya itulah yang dialami para calon haji di Banyumas. Tercatat lebih dari 100 calon jemaah haji (calhaj) terancam gagal diberangkatkan.

” Mereka masih harus memenuhi persyaratan. Karena, masih banyak paspor hijau haji yang belum memenuhi persyaratan kelengkapan penamaan, ” ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Departemen Agama Kabupaten Banyumas, Drs Purwanto Hendro Puspito,Kamis (03/09).

Menuru Purwanto,sebagian besar paspor yang bermasalah tersebut karena hanya berisi dua suku nama. Berdasar ketentuan haji kali ini, pemerintah Arab Saudi meminta penggunaan tiga suku nama dicantumkan dalam paspor tersebut. Untuk warga yang memiliki nama kurang dari tiga suku, wajib menambahkan dengan nama ayah dan seterusnya.

Calon jemaah haji Indonesia mulai musim haji 1430/2009 ini memang harus menggunakan paspor internasional atau paspor hijau, sebagaimana telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi. Karena itu para calhaj Kabupaten Banyumas tidak dapat mendapatkan paspor melalui Depag wilayah masing-masing, tetapi wajib menyiapkan pembuatan paspor hijau di imigrasi Cilacap.

” Calhaj harus segera memenuhi persyaratan. Karena sebelum 15 September mendatang seluruh paspor calhaj sudah harus dikirim sebagai persyaratan pembuatan visa.” Jika mereka tidak segera mengrim, jelas akan tertunda keberangkatan mereka,” tambah Purwanto (banyumasnews.com/n-1

Tentang Penulis

Leave A Response