Jelang lebaran batik Maos kebanjiran pesanan

LEBARAN ternyata banyak membawa berkah. Seperti yang tengah dirasakan perajin batik tulis di Maos cilacap. Menjelang lebaran sekarang ini mampu meraup keuntungan yang tidak sedikit. Batik yang sudah tembus ke manca negara ini kini kebanjiran pesanan.

Itulah yang dirasakan Euis Rohaeni,seorang perajin batik di desa maos kidul Kecamatan Maos Cilacap. Selain memiliki ciri khas, batik Maos yang dikerjakan oleh wanita usia lanjut, ini sudah tembus ke manca negara seperti Malaysia , Brunei Darusalam dan Singapura.

Di pasar lokal,  menjelang lebaran, batik tulis maos kebanjiran pesanan. Pada masa pemilu batik ini juga pernah kewalahan dengan banyaknya pesanan. Saat itu pusat batik yang diberinama Rajasa Mas Batik ini menerima pesanan 7000 baju batik untuk seragam para petugas saksi di TPS.

“Waktu itu, sejumlah tim sukses dari para capres dan cawapres juga sudah mulai memesan. batik batik khusus untuk keperluan semasa kampanye ini biasanya memiliki warna dasar sesuai partai yang mengusung capres seperti merah, biru dan kuning,” tutur Euis

Batik maos ini juga bernuansa tradisional dengan dengan mengandalkan pola buah buahan . ciri khas ini dipengaruhi oleh lingkungan di daerah tersebut yang banyak areal pertanian buah buahan.

Untuk lebaran, telah disiapkan corak bernuansa  kaligrafi ayat ayat Al’Quran. Dengan warna khas terang maupun warna tebal membuat baju batik pas buat acara silaturahmi keluarga. Beruntung di Rajasa Mas Batik sudah tersedia stok yang beragam.

Sehingga sampai saat ini masih tersedia jenis janis pakaian, kerudung atau baju lain yang cocok untuk berlebaran.
Euis menuturkan selama ini sudah puluhan event di nusantara diikuti oleh Rajasa mas batik ini. Dalam setiap tampil, kata Euis, batik ini selalu mendapat perhatian tersendiri bagi pengunjungnya.

Nama batik khas Maos yang sudah banyak ditemui seperti ladrang manis , rujak sante, gowokan, waru doyong, dan batik tsunami. Nama nama ini sedikit unik,  karena dipengaruhi adat dan budaya di sekitar wilayah tersebut. batik_maosBatik-cilacapHarga satu pakian batik antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Namun jika dalam jumlah besar, harga bisa lebih murah (banyumasnews.com/ Tinta Mutiara Nissa)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.