Candi Dwarawati Dieng dibenahi

BANJARNEGARA – Untuk menambah daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara, Pemkab Banjarnegara getol membenahi obyek wisata Dataran Tinggi Dieng. Pada tahun ini, pembenahan difokuskan pada pemugaran kawasan candi Dwarawati.  Candi ini  sudah berusia tua dan terdapat  kerusakan di beberapa tempat.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Bambang Sugiarto,  Kamis (3/9) mengatakan,  pemugaran candi Dwarawati menggunakan sumber APBN senilai Rp 600 juta.”Pembenahan ini sudah mendesak karena disamping untukmenambah daya tarik wisatawan, juga karena Candi Dwarawati mengalami kerusakan akibat getaran,”kata Bambang.

Candi Dwarawati Dieng perlu dirawat (foto:pyt/BNC)

Candi Dwarawati Dieng perlu dirawat (foto:pyt/BNC)

Dikatakan Bambang, pembenahan kawasan Dieng selain fisik candi, juga dilakukan penataan jalan setapak di komplek Candi Arjuna, taman di kompleks Gasirat Aswatamu dan penataan pertigaan ojek diwilayah itu. Selain itu pembuatan panggung hiburan non permanen. Juga dilakukan pemberdayaan masyarakat sekitar obyek wisata. “Masyarakat perlu diberdayakan karena Dieng memiliki potensi mampu menyerap turis manca sekitar 3.000 orang per tahunnya,”kata Bambang.

Di kawasan Dieng terdapat beberapa kompleks candi Hindu peninggalan raja-raja dari wangsa Sanjaya. Dibangun pada sekitar abad delapan hingga sembilan dan merupakan candi tertua di Jawa. Beberapa kompleks candi itu meliputi kompleks candi Arjuna, Gatot Kaca, Dwarawati dan kompleks candi Bima. Sementara untuk candi arjuna sudah dilakukan pemugaran dua tahun. (banyumasnews.com/pyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published.