Gempa guncang Cilacap,42 rumah rusak

Ditulis 02 Sep 2009 - 19:16 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
135
Dalam Tag
40 rumah di Cilacap rusak akibat goncangan gempa (foto:n-1/BNC)

40 rumah di Cilacap rusak akibat goncangan gempa (foto:n-1/BNC)

CILACAP-Sebanyak 42 rumah rusak, lima diantaranya ambruk akibat dampak gempa berkekuatan 7,3 skala richter Rabu (02/09) yang mengguncang seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Kondisi terparah berada di wilayah Desa Rawa Apu Kecamatan Patimuan serta di Desa Serang Kecamatan Cipari.

Rumah rusak lainnya terdapat di Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayeuhluhur . Gempa yang berpusat pada kedalaman 30 kilometer pada posisi 8.27 Lintang Selatan (LS) serta 107 Bujur Timur (BT) dan berjarak 19 kilometer barat daya Cilacap itu, juga merobohkan pendopo Balai Desa Panikel Kecamatan Kampung Laut.

Di wilayah Cilacap Selatan, kepanikan warga bertambah saat terjadi percikan listrik di jaringan milik PLN yang berada di Jl Kolonel Sugiono. Saat terjadi guncangan dahsyat, jaringan kabel listrik yang ada di lokasi itu saling berbenturan hingga menimbulkan percikan api dan bunyi gemeretak seperti petasan.

Wardi, warga Cilacap Tengah mengungkapkan, saat itu dia sedang berada di pantai namun tidak mendengar suara sirine. Tidak beberapa lama kemudian kepanikan mereda dan warga justru berbondong-bondong mendatangi pantai untuk melihat kondisi pasca gempa.

Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap Hidayatul Muchtar mengatakan, gempa kemarin berpotensi tsunami. Namun hingga kemarin sore, pihaknya masih menunggu ada tidaknya laporan kerusakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Dangir Mulyadi mengatakan, total kerugian maupun jumlah pasti rumah roboh dan  rumah rusak serta kerusakan fasilitas lain masih dalam inventarisasi. ” Kita masih mendatanya, yang penting kita selamatkan dulu warga,” ujar dangir (banyumasnews.com/n-1)

Tentang Penulis

Leave A Response