Gempa Tasikmalaya goyahkan magma Gunung Merapi

MAGELANG – Getaran gempa tektonik berkekuatan 7,3 SR  yang berpusat di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (2/9) sekitar pukul 14.55 WIB,  berpotensi  memicu aktivitas Gunung Merapi yang berada di wilayah perbatasan Jateng – DIY. Gempa tersebut mampu menggerakkan magma dalam penut gunung teraktif di dunia tersebut.

“Gempa tektonik yang berpusat di Tasikmalaya itu,  bisa mempengaruhi magma dalam perut Gunung Merapi. Sebab guncangan gempa terasa kuat  di pos pengamatan Merapi,” kata pengamatan Gunung Merapi di Pos Ngepos Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Repiyo, Rabu (2/9) petang.

Sebagaimana diketahui getaran gempa  terjadi siang ini, Rabu (2/9) pukul 14.55 WIB berpusat di 140 kilometer Barat Daya Tasikmalaya, Jabar. Gempa berkekuatan 7,3 SR itu terasa kuat di wilayah Magelang, Jateng, Yogyakarta. Goyangan gempa, membuat panik masyarakat di sekitar Gunung Merapi.

Menurut Repiyo, gempa berkekuatan 7,3 SR tersebut terasa sangat keras dan berurutan,  membuat jarum seismograf yang memantau gerakan bumi, terutama di perut Gunung Merapi bergoncang dengan cepat. “Coretan  jarum seismogram di Pos Ngepos bergerak dengan keras dan lebih panjang,” katanya.

Dampak gempa tersebut, kata Repiyo, sangat berpengaruh terhadap aktivitas Gunung Merapi yang kini berstatus aktif normal. “Memang, pengaruhnya tidak bisa langsung, namun kerasnya guncangan gempa bisa meningkatkan aktivitas Gunung Merapi yang terakhir erupsi pada  tahun 2006 lalu,” katanya. (banyumasnews.com/py

5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.