Sigaluh Juara Satu Kontes Pohon Sengon tingkat nasional

Ditulis 01 Sep 2009 - 15:41 oleh Banyumas1

sigaluhBANJARNEGARA-Setelah memenangkan Kontes Pohon Sengon dalam Rangka Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam tingkat Kabupaten dan Provinsi, akhirnya Mardi (43) Kepala Dusun III Desa Singamerta Kecamatan Sigaluh berhasil menyabet Juara Pertama pada tingkat Nasional.

Pengumuman sekaligus penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kehutanan M.S Kaban pada acara Temu Karya dan Sarasehan Pemenang Lomba di Aula Manggala Wanabhakti Departemen Kehutanan, Jakarta (18/8) lalu.

Meski tak memiliki latar belakang pendidikan kehutanan, Mardi mampu mengembangkan pohon Sengon Albasia yang sudah ia tanam sejak enam tahun lalu. Awalnya ia mengerjakan tanah bengkok desa, 1 tahun setelah menerima SK dari Kepala Desa Singamerta (Mei 2002) sebagai Kepala Dusun III (Dirun). Bulan Desember 2003 tanah tersebut ditanami salak pondok sejumlah 350 pohon dan Albasia/Sengon sejumlah 100 batang.

“Namun dari 100 batang sengon yang saya tanam, ada satu pohon yang memiliki pertumbuhan sangat cepat. Akhirnya saya putuskan untuk diikutsertakan dalam kontes pohon sengon,” jelasnya Selasa (01/09).

Akhirnya keputusannya tersebut mengantarkan ia bisa bertemu dan berjabat tangan langsung dengan Prsesiden RI, Susilo
Bambang Yudoyono tatkala diundang mengikuti apel Peringatan HUT Kemerdekaan RI (17/8) lalu di Istana Jakarta. Selain itu ia
juga menggondol piala penghargaan, lencana mas, piagam, dan uang pembinaan sebesar 6 juta.

“Sebuah kebanggaan yang tak terkira bisa mewakili Banjarnegara sebagai wakil Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba ini. Harapan
saya semoga kerja keras ini bisa menginspirasi masyarakat Banjarnegara untuk terus peduli lingkungan agar kelestarian
sumber daya alam kita bisa terus terjaga,” ungkapnya.

Terpisah, Sri Surani Petugas Kehutanan Lapangan Kecamatan Sigaluh yang mendampingi Mardi saat menerima penghargaan tersebut mengungkapkan bahwa maksud diselenggarakannya lomba ini adalah sebagai media untuk mengembangkan motivasi dan komitmen masyarakat dalam kegiatan pembangunan kehutanan khususnya penghijauan dan konservasi alam.

Kategori lomba Penghijauan dan Konservasi Alam yang merupakan binaan Pusat Bina Penyuluhan (Pusbinluh) kehutanan tersebut
meliputi: Penyuluh Kehutanan Lapangan (PKL), Kelompok Tani Hutan/Penghijauan (KTH/KTP), Kabupaten dan Kota Peduli

Kehutanan, Kepala Desa/Lurah Peduli Kehutanan, Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM), Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Kontes Pohon (Mahoni, Suren, Gmelina dan Sengon), serta pemberian apresiasi kepada pelaku usaha.

“Peserta berjumlah 173 orang yang terdiri dari para pemenang terbaik tingkat Provinsi Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam
yang berasal dari 33 Provinsi dan Perum Perhutani. Sedangkan khusus untuk Kontes Pohon Sengon diikuti oleh 10 Provinsi,
salah satunya Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kabupaten Banjarnegara,” jelasnya.(banyumasnews.com/yoi).

Tentang Penulis

Leave A Response