Cara hilangkan bekas luka dan jerawat serta menangani luka agar tidak berbekas

Ditulis 10 Apr 2010 - 14:07 oleh Sista BNC

Ilustrasi (Sumber foto-foto:whatzups.com)

Menjawab pertanyaan penggemar halaman ini di facebook.com mengenai bagaimana menyembuhkan bekas luka, berikut ini saya turunkan sebuah artikel tentang penyembuhan bekas luka. Sekaligus diturunkan sebuah artikel mengenai cara-cara menangani luka agar tidak berbekas.

Untuk menyembuhkan luka terutama yang ada di wajah agar tidak berbekas bisa kita lakukan dengan cara tradisional yang murah dan mudah di dapat (sumber: dinoe-dasbos.blogspot.com), caranya juga mudah.

Ambil segenggam daun petai cina lalu dicuci bersih sebaiknya gunakan air hangat agar steril, lalu di tumbuk halus. Kemudian campurlah dengan sedikit garam kira-kira garamnya seujung kuku saja. Kemudian ramuan tadi ditempelkan di tempat di mana luka yang ada di tubuh kita tadi, lalu balutlah dengan kain kasa dan di beri plaster.

Biarkan selama satu hari untuk membuka balutan (lakukan di kala liburan di rumah). Mudah–mudahan beberapa hari kemudian luka itu akan rapat dan sembuh tanpa meninggalkan bekas lagi. Cara ini, juga untuk luka bekas jerawat.

Sementara itu, artikel yang bersumber dari whatzups.com di bawah ini merupakan beberapa tips menghilangkan bekas luka dengan cara sederhana.

Tips 1
Ambil daun kapuk randu beberapa lembar, cuci hingga bersih. Kompres atau bersihkan area luka yang membekas tersebut dengan air hangat dengan sabun antiseptik. Gosokan daun tersebut di bagian yang membekas. Ulangi beberapa kali dan lakukan 2 kali sehari. Bisa juga Anda menumbuk atau memblender daun tersebut dan oleskan di bagian bekas luka. Ingat, bila Anda merasa gatal hentikan pemakaian!.

Tips 2
Ambil teh basi atau yang sudah terpakai. Bila menggunakan teh celup, buka kemasannya hingga bagian daun terlihat. Gosok the tersebut di bagian tubuh yang terdapat bekas luka. Lakukan seperti sedang melulur bagian tubuh. Diamkan sebentar kira-kira 10-15 menit. Lakukan secara rutin seminggu minimal dua kali.

Tips 3
Ambil buah pare, tumbuk dan ambil air atau sarinya. Campur air tersebut dengan tepung beras hingga berbentuk seperti krim. Basuh bagian bekas luka yang ingin dihilangkan dengan air hangat. Oleskan secara teratur pada bekas luka tersebut. Ramuan ini juga dapat dilakukan untuk memutihkan wajah atau tubuh.

Tips 4
Ambil bagian putih dalam telur. Pisahkan dan tambahkan madu lalu aduk hingga merata. Oleskan pada bagian bekas luka tersebut secara rutin. Ramuan ini jga dapat digunakan untuk menghilangkan flek pada wajah.

Tips 5
Rendam beras selama 15 menit, angkat dan tumbuk sampai halus. Tumbuk beberapa buah kencur hingga halus dan campur dengan beras tadi. Setelah merata bubuhkan pada bekas luka setiap hari selama dua minggu.

Tips 6
Ambil satu suing bawang merah, parut hingga halus. Setelah halus tempelkan pada bagian bekas luka tersebut. Bawang merah juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, keloid dan bisul.

Tips 7
Percaya atau tidak, pasta gigi dengan kandungan pemutih dapat menghilangkan bekas luka. Caranya oleskan sesering mungkin pada bagian bekas luka yang ingin dihilangkan. Diamkan selama 15-30 menit secara rutin. Bersihkan dengan air hangat.

Anda dapat mencoba beberapa tips di atas untuk menghilangkan bekas luka. Yang perlu Anda ingat, jangan memaksakan apabila kulit Anda merasa gatal atau kemerahan. Berarti Anda alergi terhadap kandungan bahan tersebut.

Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Tidak ada Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. kusmiati 07/08/2011 pukul 08:08 -

    ass… klo tips ni bsa gk buat luka goresan yg sdah lma

  2. ana 04/06/2010 pukul 16:06 -

    ass…
    klo bwt luka yg udah lama bisa ga nih tips nya :-)

  3. albrian 02/05/2010 pukul 13:00 -

    ass.nama z albrian umur 20 thn tnggal di macciniraya.makassar.z sdh 4 thn jerawatan n jerawatx merah2 n kecil2 n gatal n bsar2 n kadang z pencet klo dh ada matax.tpi knp jerawat z ngga hlng pdhl z sdh pke pembrsih muka ponds wrna pink.muka z jg brmixak.tlng brkn tips.trmksih atas saranx.

Leave A Response