Agar otak encer hadapi ujian nasional, konsumsi pegagan

Ditulis 21 Mar 2010 - 17:28 oleh Sista BNC

Pegagan atau antanan atau rendeng untuk kecerdasan

Hari-hari ini adalah hari-hari yang akan terasa berat untuk anak-anak sekolah menengah (pertama maupun atas)  utamanya  kelas 3  (kelas IX SMP dan XII SMA) yang akan menghadapi ujian nasional. Dalam kondisi seperti ini, otak  perlu diberi “suplemen” sehingga pikiran selalu jernih dan bisa menghadapi ujian dengan baik.

Banyak suplemen berupa ekstrak tanaman maupun kimiawi ditawarkan di pasaran bebas. Namun untuk aman dan pastinya, gunakan saja ramuan obat tradisional dengan bahan baku daun pegagan.

Pegagan atau antanan atau rendeng diketahui bisa memperkuat fungsi saraf guna meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain khasiat yang paling dikenal dari daun ini yaitu bisa memberikan energi bagi otak, daun pegagan juga dikenal dalam pengobatan ayurvedic, yakni digunakan sebagai obat berkhasiat tonic, pengobatan gangguan kulit, gangguan pencernaan, lepra, borok, dll.

Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun pegagan, namun para herbalis kadang menekankan manfaat daun ini pada fungsi utama untuk kecerdasan.

Pegagan termasuk suku atau familia Apiaceae. Tumbuh menjalar di atas tanah terutama di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung tetapi cukup lembab. Di perkampungan sering ditemukan tumbuh di pematang sawah atau kebun-kebun.

Nama lain dari pegagan adalah daun kaki kuda, daun penggaga, pegago (Sumatera); antana, cowet gompeng, gagan-gagan, penigowang, calingan rambat (Jawa); bebele, paiduh (Nusa Tenggara); wisu-wisu, kisu-kisu (Sulawesi); dogauke (Irian); ji xue cao (Cina).

Direbus sebagai lalapan

Sekarang telah banyak ekstrak pegagan yang dikemas dan dijual dalam bentuk ekstrak, seperti kapsul dan serbuk atau daun teh pegagan.  Namun tidak ada salahnya kalau kita membuat sendiri dengan cara paling sederhana: direbus dan dimakan dengan sambal sebagai lauk makan.

Rasanya memang getir dan agak pahit, namun anggap saja ini sebagai bagian dari “ongkos” yang harus kita keluarkan agar otak menjadi lebih jernih dalam berpikir dan membantu konsentrasi dalam pengerjaan soal-soal ujian. Atau, bisa juga daun pegagan ini direbus setengah matang, kemudian angkat dan tiriskan. Setelah dingin diperas airnya dan diminum. Bisa dicampur air gula atau madu biar mengurangi rasa getarnya.

Lebih penting lagi, para siswa sekolah yang sedang menghadapi ujian adalah menjaga diri agar tenaga tidak terforsir dengan istirahat yang cukup dan minum minuman penghangat seperti wedang jahe atau wedang  serai sehingga daya tahan tubuh juga bertambah.

Dan tidak kurang pentingnya adalah belajar, kurangi nonton televisi, kurangi main internet atau game-nya dan terus berdoa.

Ibunya Ola mendoakan semoga anak-anak semua sukses dalam menyelesaikan ujian sekolah dan tercapai semua angan dan cita-citamu.

Salam.

Untuk manfaat lain pegagan, bisa dibaca referensinya di sini.

Tentang Penulis

Tidak ada Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. dickyadilpernando 26/01/2011 pukul 16:00 -

    kurang memuaskan karna saya tidak tau bagaimana bentuk pengagan

Leave A Response