Pilkada Purbalingga butuh dana Rp 16 Milyar

PURBALINGGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga menetapkan jadwal pemilihan kepala daerah (pilkada) periode 2010 – 2015 pada tanggal 18 April 2010. Penyusunan rencana jadwal ini terkait dengan berakhirnya masa pemerintahan bupati dan wakil bupati Purbalingga periode 2005 – 2010 di tahun 2010. Sementara untuk pembiayaan Pilkada dibutuhkan dana sekitar Rp 16,3 milyar jika berlangsung satu putaran, dan sebesar Rp 24 miliar jika harus dua putaran.

Sebagai dasar hukum pelaksanaan pilkada, KPU mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang penyelenggaran Pemilihan Umum. Sedangkan pelaksanaan tahapan pilkada masih mengacu pada UU Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Ketua KPU Purbalingga, Heri Sulistyono ST mengatakan, penyusunan jadwal dan tahapan itu sudah mendapatkan supervisi KPU Jawa Tengah. Dengan menjadwakan tahapan pilkada mulai 12 Oktober 2009 mendatang. “Beberapa tahapan antara lain diawali dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” kata Heri, Jumat (28/8).
Dikatakan Heri, KPU juga telah merinci jadwal pendaftaran cabup cawabup yang melangkah melalui jalur independen maupun partai politik. Dari jalur independen akan laksanakan verifikasi data dukungan mulai 5 Februari 2010. Sedangkan untuk calon yang diusung parpol pendaftaran dlakukan mulai 26 Februari 2010.
“Proses pendaftaran dari calon independen dan parpol tetap akan dibarengkan. Bedanya untuk verifikasi data calon independen lebih awal,” kata Heri.
Dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan kembali melakukan koordinasi dengan KPU Jateng terkait rancangan jadwal itu. Selain itu mengadakan pertemuan dengan jajaran eksekutif dan legilatif untuk membahas masalah pilkada. “Harapan kami jadwal pemungutan suaranya tetap pada 18 April 2010. Dengan pertimbangan hari Minggu dan diharapkan tingkat partisipasi pemilih tinggi. Apalagi pilkada lokal jadi waktu harus disesuaikan,” jelas Heri. (blogo-kpu4anyumasnews.com/pyt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.