UMP akan gelar try out masuk Fakultas Kedokteran

Ditulis 28 Agu 2009 - 16:17 oleh Banyumas1

PURWOKERTO-Logo UMP BerwarnaUniversitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Senin (31/8) akan mengadakan try out ujian masuk Fakultas Kedokteran, bagi lulusan sekolah menengah atas jurusan ilmu pengetahuan alam.

Sekretaris tim pendiri Fakultas Kedokteran UMP, Ikhsan Mujadid, kepada banyumasnews.com Jumat (28/8) mengatakan try out akan dilaksanakan di hall Framasi, dan yang telah mendaftar hingga hari ini sebanyak 80 orang.

“Kapasitasnya sebanyak 100 orang, namun bagi yang terlambat mendaftar namun mau ikut try out pada saat pelaksanaan kami persilakan, jika ternyata peminatnya lebih banyak, tempat acara akan kami pindah ke salah satu ruang di FKIP,” jelas Ikhsan.

Materi yang akan diujikan menurutnya meliputi matematika, kimia, biologi, fisika, Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris.

Dia menambahkan setiap tahun jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di UMP bisa mencapai 3000 an orang, paling banyak memilih FKIP, Fakultas Ilmu Kesehatan, Farmasi dan Teknik Elektro.

“Fakultas kedokteran saat ini belum ada, baru gedung perkuliahannya yang sudah selesai di bangun, kalau calon mahasiswa kami sudah mapping ada 70 orang yang potensial, nama dan alamat mereka sudah terdata,” imbuh Ikhsan.

Dia menjelaskan jika Senin depan dirinya akan pergi ke Jakarta untuk mengambil surat pengantar rekomendasi ke konsil kedokteran Indonesia yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti.

“Kapan dibukanya Fakultas Kedokteran, saya kurang tahu pasti karena masih menunggu pengantar rekomendasi dari Dirjen Dikti, jika semuanya lancar kemungkinan bulan Oktober Universitas Muhammadiyah Purwokerto sudah bisa memiliki Fakultas Kedokteran,” harap Ikhsan.

Beberapa tenaga yang akan mengajar menurutnya berasal dari pensiunan dokter spesialis di Purwokerto, UMP sendiri kata Ikhsan sudah memiliki sejumlah dosen yang juga berprofesi sebagai dokter.

Untuk angkatan pertama jumlah mahasiswa hanya dibatasi 50 orang, dengan jumlah peminat yang cukup banyak, Ikhsan menjelaskan nantinya 50 orang dengan nilai tertinggilah yang akan lolos seleksi.

“Mahasiswa kedokteran nantinya akan membayar SPP yang diperkirakan jumlahnya berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 7 juta, mereka juga akan dikenai biaya pembangunan dan infaq yang nilai totalnya mencapai Rp 100 juta,” ungkap Ikhsan.

Meski demikian UMP juga akan memberikan beasiswa bagi tiga orang mahasiswa berprestasi, termasuk juga beasiswa dari Kopertis dan beasiswa peningkatan prestasi akademik. (banyumasnews.com/lin)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. RS. PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG 17/09/2012 pukul 10:45 -

    RS. PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG, SIAP MENJADI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UTAMA TIPE B, FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

  2. x 18/07/2012 pukul 10:44 -

    dari ips bisa gak masuk fakultas kedokteran?

  3. indra 07/01/2010 pukul 21:33 -

    Selamat buat UMP,Semoga maju terus dan sukses jadi universitas unggulan di Purwokerto

  4. dini winda pamungkas 12/10/2009 pukul 16:53 -

    rencananya kapan um kedokteran segera dilaksanakan???

  5. soediro wirjodihardjo 29/08/2009 pukul 13:49 -

    Selain akan membuka fakultas kedokteran, UMP juga tahun ini sudah membuka Program Pascasarjana Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dengan Surat Depdiknas Dirjen Dikti Nomor 1131/D/T/2009, UMP resmi tahun ini membuka program pascasarjana.

  6. ARi 29/08/2009 pukul 11:04 -

    Selamat untuk UMP, bertambah lagi fakultas yang diminati masyarakat. Semoga menjadi universitas kebanggaan kota-ku Purwokerto…

Leave A Response