348 Maru Fakultas Peternakan Unsoed ikuti orientasi kampus

Ditulis 27 Agu 2009 - 16:26 oleh Banyumas1
Pembukaan Orientasi Mahasiswa Fapet Unsoed (foto:lin/BNC)

Pembukaan Orientasi Mahasiswa Fapet Unsoed (foto:lin/BNC)

PURWOKERTO -Sebanyak 348 mahasiswa baru Fakultas Peternakan Universitas Jendral Soedirman, Kamis (27/8) pagi mengikuti kegiatan orientasi pengenalan kampus dengan tema determination of campus 2009.

Sebelum mengikuti seluruh kegiatan yang dijadwalkan berlangsung hingga empat hari ke depan, mereka mengikuti upacara penerimaan, dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan, Prof Dr Ir Masyedi Sumaryadi MP.

Dalam sambutannya Masyedi Sumaryadi seluruh mahasiswa baru diharapkan bekerja keras saat mengikuti pendidikan di Fakultas Peternakan, dan menghilangkan keragu-raguan mereka terhadap bidang peternakan.

“Kalian harus fight dan hilangkan keragu-raguan anda di bidang peternakan, sebagai masyarakat akademis, saya juga mengharapkan anda untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan baik di tingkat fakultas maupun universitas,” harap Masyedi.

Dia mengungkapkan selama menjalani orientasi, seluruh mahasiswa baru nantinya akan mendapatkan berbagai masukan mengenai Fakultas Peternakan, proses belajar yang akan dijalani, karena dalam pandangannya memasuki jenjang perguruan tinggi butuh persiapan khusus, dan sama sekali berbeda dengan dunia SMA.

Terpisah, ketua panitia determination of campus 2009, Eman Sulaeman, kepada banyumasnews.com mengatakan selama orientasi, mahasiswa baru akan dibekali dengan pengetahuan mengenai entrepreneurship atau kewirausahaan, organisasi kemahasiswaan di lingungan Fakultas peternakan, tata cara perkuliahan, serta pendampingan moral.

“Kami juga mengundang alumnus Fakultas Peternakan yang telah sukses seperti Zainal Abidin maupun Eri Susanto untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru, karena penekanan dari orientasi kali ini yang utama adalah pembentukkan moral,” jelas mahasiswa angkatan 2007 tersebut.

Eman menekankan orientasi kali ini lebih banyak diisi dengan kegiatan diskusi, dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap kritis mahasiswa baru terhadap beragam permasalahan di dunia peternakan.

“Berhubung puasa kegiatan lebih kami fokuskan di dalam ruangan seperti diskusi, dan kemungkinan tiga hingga empat tahun ke depan sesuai kalender akademik, orientasi semacam ini juga akan berlangsung di bulan puasa,” ungkapnya.

Sementara pembantu dekan tiga Fakultas Peternakan, Dr Drh Mohammad Samsi, menjelaskan apabila fakultasnya tersebut merupakan satu-satunya fakultas di lingkungan Unsoed yang lulusannya paling dicari oleh perusahaan.

“Sejak Februari lalu, sudah ada 10 perusahaan yang melakukan rekruitmen karyawan di sini, bahkan baru beberapa minggu lalu sebuah perusahaan meminta kami mengirim daftar yudisium mahasiswa kepada mereka,” kata Samsi.

Beberapa perusahaan yang telah melakukan perekrutan karyawan di Fakultas Peternakan diantaranya Caron Popkhand Group, Java Comfeed, divisi peternakan PT Samsung, maupun Sierat Produce. (banyumasnews.com/lin)

Tentang Penulis

Leave A Response