SMAN 1 Klampok dilengkapi Learning Resource Center

Ditulis 26 Agu 2009 - 08:40 oleh Banyumas1
Ibnu Azhar,Kasek SMN 1 Klampok Banjarnegara

Ibnu Azhar,Kasek SMN 1 Klampok Banjarnegara

BANJARNEGARA – Setelah lulus sebagai Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI), SMAN 1 Purwareja Klampok melengkapi diri dengan Pusat Sumber Belajar (PSB)/Learning Resource Center. PSB merupakan media pembelajaran berbagai bidang studi yang dalam penyelenggaraannya memanfaatkan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Sistem ini memungkinkan guru belajar sebelum mengajar anak didiknya,” ujar  Kepala Sekolah SMAN 1 Purwareja Klampok, Ibnu Ashar di ruang kerjanya, Selasa (25/8).

Di PSB itu, lanjutnya, guru bisa mengakses dan menjalin komunikasi lewat internet terkait pembelajaran dengan sekolah lain, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Melalui PSB kita bisa melakukan komunikasi antar guru dengan sister school tingkat nasional maupun internasional. Sister school ini mirip dengan kerjasama antar sekolah. Misalnya, dua sekolah unggulan melakukan sister school dengan sekolah lain dalam berbagai hal, mulai sarana dan prasarana, metode yang merujuk pada kualitas pendidikan, sampai guru,” ujarnya.

Dengan adanya sister school ini, menurut Ibnu, kepala sekolah tidak perlu dipindah-pindahkan guna mendapatkan kualitas pendidikan yang sama antar sekolah. Hal itu tentu akan meminimalkan konflik yang mungkin terjadi.

Selain PSB, SMAN 1 Klampok juga akan merintis sekolah keramik pertama di Banjarnegara. “Klampok sebagai sentra keramik di Banjarnegara memiliki potensi besar lewat SMAN 1 Purwareja Klampok utuk dikembangkan menjadi rujukan bagi sekolah lain belajar tentang keramik,“ ujarnya. (banyumasnews.com/pytSchool_learning_resource_centre)

Tentang Penulis

Leave A Response