Awal Ramadhan penjualan ponsel Nokia meningkat

Ditulis 25 Agu 2009 - 21:52 oleh Banyumas1

ponsel nokia

PURWOKERTO-Krisis moneter yang tengah melanda Indonesia ternyata tidak menyurutkan jumlah penggemar telepon seluler merek Nokia, bahkan kecenderungan penjualan alat komunikasi tersebut meningkat pada awal ramadhan kali ini.

Kepala cabang Global Teleshop Purwokerto, Adi Kusmanto, Selasa (25/8) mengatakan jenis handphone low end seperti Nokia 5130 express music sangat diminati oleh masyarakat, harganya terbilang murah karena masih di bawah kisaran Rp 1,5 juta.

“Kalau dari segi value memang tahun ini penjualan Nokia di gerai kami memang menurun, karena target penjualan dari pusat dinaikkan, namun dari segi permintaan pasar jumlahnya justru meningkat, kenaikan tersebut karena ada penurunan harga kurang lebih 20 persen, serta pergeseran dari seri ponsel Nokia middle end menjadi low end” ungkap Adi.

Meningkatnya penjualan juga dipicu oleh konsumen yang menginginkan produk-produk Nokia asli dan bergaransi resmi, hal lainnya adalah adanya diskon hingga 30 persen untuk Nokia tipe tertentu.

Menghadapi serbuan ponsel blackberry, Adi menjelaskan Nokia telah mengeluarkan seri E75 maupun E71, yang sedianya baru akan diluncurkan ke pasar Indonesia quartal pertama tahun 2010.

“Kalau di gerai Global Teleshop ini, penjualan blackberry justru menurun, karena dalam pengamatan saya trendnya hanya sesaat, atau istilahnya untuk menaikkan gengsi, berbeda dengan penjualan Nokia E75 atau E71, dalam satu bulan kami bisa menjual 10 buah, pembelinya kebanyakan dari kalangan eksekutif muda, bahkan masih ada dua pembeli yang inden E71,” kata Adi menambahkan.

Produk produk yang dijual di sana harganya juga terpaut jauh dengan harga di tempat lain, semisal Nokia E75 dipatok Rp 4,7 juta jika di luar bisa mencapai Rp 4,8 juta, sementara Nokia 5730 dengan keyboard biasa dan qwerty harganya Rp 3,75 juta.

Adi menjelaskan Nokia juga telah meluncurkan dua produk baru yakni Nokia E72 dan Nokia 5530, kemungkinan akan masuk Purwokerto pada bulan Oktober tahun ini, itupun melihat antusiasme pasar di Jakarta maupun Yogyakarta .

“Harap bersabar, karena jika produk tersebut masih laris di Jakarta, sampai di Yogyakarta juga akan lebih lama waktunya, dalam perkiraan saya paling cepat bulan September tahun ini atau bulan Oktober produk tersebut masuk wilayah Banyumas,” ujarnya.

Menurutnya E72 memiliki sejumlah fitur yang bisa menandingi blackberry, salah satunya adalah fasilitas push email, harganya diperkirakan di atas Rp 4 juta, (banyumasnews.com)

Tentang Penulis

Leave A Response