Kejari Cilacap incar Kades Bajing Kroya

Ditulis 23 Agu 2009 - 13:54 oleh Banyumas1

CILACAP – Kejaksaaan Negeri (Kejari) Cilacap kini tengah mengincar dugaan korupsi terbaru. Petugas berhasil membongkar dugaan korupsi alokasi dana desa (ADD) di Desa Bajing, Kecamatan Kroya Cilacap yang merugikan negara sekitar Rp 47 juta. Kini kasus tersebut sudah memasuki tahapan penyidikan .

Informasi yang diperoleh banyumasnews.com, satu orang yakni Kades Amin telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus tersebut. “Kami tdak main main dan akan terus mengungkap kasus korups di Cilacap,” ujar Kajari Cilacap M Yamin Minggu (23/08/09).
 
Kejari memulai penyidikan terhadap dana ADD tahun anggaran 2007. Pada saat itu Desa Bajing menerima ADD sebesar Rp 100 juta. Dari jumlah tersebut Kepala Desa memanfaatkan dana sebesar Rp 47 juta tanpa sepengetahuan dari perangkat yang lainnya. Sehingga dugaan sementara dana tersebut dikelola sendiri oleh kades.

” Kami berhasil menemukan indikasi pemanfaatan dana Rp 47 juta secara ilegal. Karena tidak disertai dengan alat bukti surat yang kuat. Selain itu ada dugaan dana ADD ini tidak digunakan untuk kegiatan seperti peruntukannya,” ujar M Yamin.

Selain memeriksa empat orang saksi yakni mereka yang dianggap tahu atau seharusnya dilibatkan dalam pemanfaatan dana tersebut. Kejari juga sudah dititipi dana Rp 47 juta dari tersangka. Dana tersebut masih bersifat titipan dan akan ditindaklanjuti dengan penyitaan sebagai bukti. Penyitaan ini juga untuk menyelamatkan keuangan negara agar tidak dipergunakan (banyumasnews.com/n-1)

Tentang Penulis

Leave A Response