Pasar Tiban Pereng,pusat jajanan khas Ramadhan

Ditulis 23 Agu 2009 - 11:06 oleh Banyumas1

RAMADHAN memang bulan penuh berkah, tak terkecuali dengan pedagang tiban di gang

Komplek Pereng Purwokerto yang selalu padat jelang buka puasa

Komplek Pereng Purwokerto yang selalu padat jelang buka puasa

Gang sempitpun jadi lokasi dagang

Gang sempitpun jadi lokasi dagang

Aneka makanan untuk buka puasa khas banyumasan

Aneka makanan untuk buka puasa khas banyumasan

Slamet Riyadi, Pereng Purwokerto, mereka berjualan aneka makanan dari mulai lontong, sayur mayur, dawet ayu, es buah hingga jajanan seperti mendoan, tahu goreng bahkan rempeyek.

Seorang pedagang sayur bernama Tarjo kepada banyumasnews.com Minggu (23/8) mengatakan dia meneruskan tradisi kakeknya berjualan sayur mayur siap saji setiap ramadhan tiba.

“Sudah lama sekali, sejak saya masih kecil kakek sudah berjualan sayur matang di gang Pereng ini setiap bulan puasa, kalau tidak salah beliau berjualan tahun 1970-an, ini ibu saya, tetapi sekarang sudah pensiun berjualan,” ungkap Tarjo sembari memperkenalkan sang ibu.

Pria ramah tersebut bercerita keuntungan yang didapatnya tidak pasti, karena tidak semua pembeli memiliki tingkat ekonomi yang sama, ada yang membeli makanan dengan ketengan ataupun dalam jumlah besar.

“Tadi saja ada yang beli sayur Rp 2.000, ada juga yang Rp 3.000, bahkan ada yang membeli ikan seharga Rp 6.000, beberapa pedagang di sini sifatnya musiman meski ada juga yang menetap, selain meramaikan ramadhan tentunya juga mengumpulkan uang untuk lebaran,” jelas Tarjo sembari melayani seorang pelanggan.

Menanggapi rencana Pemkab Banyumas yang akan merelokasi pedagang ke tempat baru di bekas gedung puskemas, Tarjo mengatakan tidak khawatir, karena itu baru sebatas kabar angin, menurutnya hingga kini belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah.

Sementara Tedy, warga Pereng mengatakan harga-harga yang ditawarkan relatif murah jika dibandingkan dengan lokasi lain, bahkan masih bisa ditawar, dia mencontohkan gorengan hanya dipatok Rp 500 sementara sayur matang dengan porsi lumayan bisa dibeli dengan mengeluarkan Rp 1.500.

“Pokoknya di sini serba murah, lengkap dan kualitasnya terjamin, khususnya warung sayur matang milik Pak Tarjo ini,” kata Tedy sembari menuntun anak perempuannya.

Anda tengah berlibur ke Purwokerto atau sedang pulang ke Banyumas, tidak ada salahnya merasakan suasana menjelang berbuka di pusat jajanan tiban gang Slamet Riyadi, Pereng.

Selain berbagai makanan murah, anda juga bisa merasakan keramahan asli orang Banyumas, dengan dialek khas mereka yang natural, tidak dibuat buat, serta sikap legawa yang mungkin sudah hilang di belahan bumi lain. (banyumasnews.com/lin)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Nurhaedy 27/08/2009 pukul 15:36 -

    Sing nyekamed ya kuwe…kraca karo buntile… Kang/Yu jajal buka cabang neng sency, pim, ps apa pp lah….. dadi pingin bali kiyeh…..

  2. Prabowo Bekasi 24/08/2009 pukul 19:57 -

    Pancen aku setuju aja diusir usir. Ak gemien paling seneng nek sore dolanan neng pereng. Nggoleti mendoan. Mas Nanang, slamat ya banyumasnews.com, kena nggo tamba kangen aku sing ning jakarta

  3. ze 23/08/2009 pukul 23:04 -

    awit gemiyen Pereng slalu rame nek sasi pasa, tlg sing kiye aja diusir ya Pak Bupati, soale jan mbantu temenan nggolet lawuh nggo buka puasa… mtr nuwun

Leave A Response