Satu dari empat buronan terorisme diyakini warga Purbalingga

Ditulis 21 Agu 2009 - 07:04 oleh Sista BNC

Rumah Husamudin, yang diduga polisi sebagai terorisPURBALINGGA – Warga dan perangkat desa Desa Karangreja, Kecamatan Kutasari Purbalingga merasa yakin, salah satu foto buronan kasus terorisme yang diungkap polisi, adalah Mistam Husamudin, warga RT 18 RW IX Dusun Kedungjampang desa itu.
Keyakinan warga itu setelah menyaksikan foto empat buronan teroris yang diekspos di media cetak dan elektronik.
Wajah dalam foto yang disebut-sebut sangat mirip dengan Mistam Husammudin, atau orang yang oleh Mabes Polri disebut dengan nama Ario Sudarso alias Suparjo Dwi Anggoro Aji alias Dayat.
“Melihat foto yang ditunjukkan polisi, saya yakin yang di foto itu benar-benar Mistam Husamudin,” Sutarno (35), warga Dusun Kedungjampang, Kamis (20/8).
Sejumlah warga Kedungjampang menuturkan, Mistam Husamudin pergi tiga hari sebelum Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror mendatangi rumahnya pada Minggu (22/6) silam. Sejak kepergiannya, Husammudin belum pernah pulang ke Kedungjampang.
Menurut Sutarno, dalam kesehariannya Husammudin tidak menunjukkan perilaku yang aneh. Husammudin juga berkelakuan baik dan ramah terhadap siapa saja. Itu sebabnya, Warga Karangreja sangat kaget ketika Tim Densus mencarinya.
“Selama tinggal di sini, dia bersikap sangat biasa-biasa saja. Tidak ada tingkah laku yang aneh. Dia bergaul dan berbaur dengan warga sekitar tempat tinggalnya,” ujarnya.
Untuk menghidupi keluarganya, Mistam Husamudin bernjualan kacamata dan melayani jasa perbaikan pompa air, jam tangan dan barang-barang elektronik. Selain keliling, terkadang ia juga melayani servis panggilan ke rumah-rumah warga. Husammudin juga biasa mangkal di depan sebuah toko di Pasar Kutasari.
Tapi sejak rumahnya digerebeg tim Densus, keberadaannya tidak diketahui hingga sekarang.
Sekdes Karangreja, Narsito, menyebutkan salah satu foto yang diungkapkan polisi dan disebut sebagai buronan teroris itu merupakan warganya yang tinggal di Dukuh Kedungjampang.
“Betul ini orangnya (Mistam Husamudin). Wajahnya juga tidak berubah,” tegas Narsito.
Narsito mengaku terpukul dengan kenyataan salah satu warganya diduga terlibat kegiatan terorisme. Karena bagi warga Kedungjampang, Husammudin dikenal sangat baik dengan warga.
“Selama tinggal disini, dia selalu berperilaku baik. Siapa sangka ternyata dia diduga terlibat kegiataan teroris ,” ujarnya. (Banyumasnews.com/pyt)

Tentang Penulis

Leave A Response