Berada di Rutan, 1 anggota Dewan tidak ikut sumpah janji

Ditulis 20 Agu 2009 - 20:41 oleh Sista BNC

Anggota DPRD Banyumas periode 2009-2014.

Anggota DPRD Banyumas periode 2009-2014.

Dari total 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyumas periode 2009-2014, yang dilantik Kamis (20/8) ini, hanya 49 orang yang mengucap sumpah dan janji di hadapan Kepala Pengadilan Negeri Banyumas, Wahyuni.
Seorang anggota legislatif dari Partai Demokrat, yang terpilih selama dua periode berturut-turut tidak bisa menghadiri rapat paripurna istimewa serta pengucapan sumpah janji karena sedang berada di Rutan Banyumas.
Ketua DPRD periode 1999-2004, Suherman, berpesan kepada seluruh anggota Dewan yang baru untuk bekerja lebih baik, bekerja dalam satu gerak langkah dan irama, serta menjadikan Bnayumas yang lebih baik di masa datang.
Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo melalui Bupati Banyumas, Mardjoko, menyampaikan pesan agar anggota legislatif yang baru saja dilantik mampu melaksanakan amanat rakyat, dan mewujudkan daerah yang lebih maju.
“DPRD sebagai lembaga legislatif merupakan mitra pemerintah daerah. Masing-masing memiliki hak dan kewenangan, namun tidak bisa saling mengintervensi satu sama lain,” ujar Mardjoko.
Pada kesempatan itu Juli Kristianto dari PDIP ditetapkan pimpinan sementara DPRD Banyumas periode 2009-2014 dan H Supangkat dari Partai Golkar sebagai wakil pimpinan sementara.
Pemilihan Juli Kristianto dan H Supangkat berdasarkan keputusan KPU nomor 270/248/VIII/2009 tentang susunan MPR, DPR serta DPRD yang isinya menyebutkan ketiga lembaga tersebut dipimpin oleh seorang pimpinan dan dua orang wakil pimpinan.
Berdasarkan peraturan, pimpinan sementara DPRD akan jatuh pada partai politik peraih kursi terbanyak yakni PDIP dengan 13 kursi, dan wakil pimpinan diberikan kepada partai politik peraih kursi terbanyak kedua yakni Partai Golkar dan Partai Demokrat, masing-masing tujuh kursi.
Juli Kristianto saat memberi sambutan mengungkapkan kerja yang harus diselesaikan dalam waktu dekat ini adalah membentuk alat kelengkapan Dewan. (banyumasnews.com/lin)

Tentang Penulis

Leave A Response