Hari ini Parliament Watch Banyumas dideklarasikan

Ditulis 20 Agu 2009 - 15:59 oleh Sista BNC

BANYUMAS– Bertepatan dengan prosesi sidang paripurna istimewa dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD Banyumas periode 2009-2014, Kamis (20/8) sejumlah elemen masyarakat di Kota Satria juga mendeklarasikan terbentuknya Parlemen Watch Banyumas.
Koordinator Parlemen Watch Banyumas, Riki Kurniawan, kepada media menjelaskan pembentukan lembaga independen tersebut didasari atas keprihatinan yang mendalam atas kondisi masyarakat yang masih terpuruk di bawah garis kemiskinan.
Lebih lanjut dia mejelaskan, pengalaman berdemokrasi yang telah Indonesia lalui belum sepenuhnya mampu mengangkat kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik.
“Kami menyadari kekuasaan yang luput dari pengawasan akan melahirkan kekuasaan absolut dan mencederai demokrasi yang sedang kita bangun bersama. Untuk itu kami dari elemen masyarakat Banyumas mendeklarasikan Parlemen Watch Banyumas,” ucap Riki.
Dalam pandangannya, pemerintah belum maksimal melaksanakan tugasnya memperbaiki kesejahteraan rakyat. Demikian juga dengan kinerja wakil rakyat, masih jauh dari kata mampu menyalurkan aspirasi rakyat.
Kondisi tersebut makin diperparah penyakit korupsi yang semakin membudaya dan mengotori gedung DPRD, padahal dalam pandangan Riki demokrasi pada hakikatnya memiliki implikasi pada kesejahteraan rakyat.
“Parlemen Watch Banyumas adalah lembaga independen yang akan mengawasi kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banyumas dan melaporkannya kepada masyarakat sebagai bahan evaluasi bersama untuk memperbaiki kinerja anggota Dewan dan lembaga perwakilan rakyat,” tegas Riki. (banyumasnews.com/lin)

Tentang Penulis

Leave A Response