Purbalingga kembangkan Sekolah Kayak Tirtaseta berskala internasional

PURBALINGGA kini tengah mengembangkan secara serius Sekolah Kayak Tirtaseta. Berkaitan dengan hal itu, saat ini tengah disiapkan program pencarian dan pembinaan anak berbakat kayak arus deras. Sekolah kayak ini diharapkan bisa mendapatkan sertifikasi internasional dan menjadi kebanggan masyarakat Purbalingga.
Menurut, Kepala Sekolah Kayak Tirtaseta Toto Triwindarto, sekolah yang dia pimpin adalah bagian dari Komunitas Kayak Tirtaseta. Dengan misi mempromosikan kegiatan kayak arus deras, komunitas tersebut mendirikan sekolah kayak yang menyelenggarakan berbagai pelatihan kayak arus deras baik secara klasikal maupun individual. Sebelum pelatihan level SLTA, Tirtaseta melatih 12 mahasiswa berbagai perguruan tinggi negeri di Jawa.
“Dari pelatihan kayak bagi siswa SLTA ini terlihat ada bakat-bakat alami yang dimiliki siswa-siswa kita. Karena itu, ke depan, kami akan menjaring anak-anak berbakat dari tingkat SD hingga SMA untuk dibina dan dioptimalkan bakatnya dalam menguasai ketrampilan kayak arus deras,” tutur Toto Triwindarto saat penutupan acara pelatihan kayak arus deras bagi siswa SLTA di Sungai Klawing Desa Galuh, Bojongsari, Purbalingga hari ini.
Toto yang memiliki sertifikat instruktur kayak setelah belajar di New Zealand dan sertifikat guide arung jeram dari Kanada itu mengatakan anak-anak berbakat kayak tersebar di mana pun. “Karena itu, harus dicari, dibina, dan dipantu sejak dini, mulai dari SD, SMP, hingga SMA,” kata Toto.
Untuk menjalankan program itu, Sekolah Kayak Tirtaseta mengharapkan kerja sama dari pihak sekolah-sekolah mulai dari level SD hingga SLTA di Purbalingga, dan dukungan dari Departemen Pendidikan Nasional mulai dari level kabupaten, provinsi, maupun nasional.
Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga Drs Heni Ruslanto mengatakan pihaknya menyambut baik gagasan dari Sekolah Kayak Tirtaseta untuk membina anak-anak berbakat kayak arus deras. “Kami mendukung sepenuhnya upaya untuk mencari anak-anak berbakat kayak sejak dini. Karena, membina anak yang berbakat di bidang apa pun adalah bagian dari sistem pendidikan nasional,” kata Heni.
Karena itu, Heni akan mempelajari lebih jauh gagasan Sekolah Kayak Tirtaseta itu sehingga memiliki konteks yang tepat dalam sistem pendidikan di Purbalingga. “Ini memang masih merupakan sesuatu yang baru dalam sistem pendidikan. Namun, kita akan pelajari bersama bagaimana sekolah-sekolah dari level SD hingga SMA dapat bekerja sama untuk mencari, melatih, dan membina anak-anak berbakat kayak dengan Sekolah Kayak Tirtaseta,” tegas Heni. (banyumasnews.com/pyt)

2 Comments

  1. Mas aku manggon nang Bandung, nanging aku kepingin belajar kayak nang tirtaseta. Piye prosedure, biaya, waktu , lan suwene.
    Salam . Henny A

  2. aku wis tau njajal neng godeg,pancen nyenengaken,nganti kelalen ora muat pasir…kwekekekekk…..

1 Trackback / Pingback

  1. Pelatihan di Sekolah Kayak : Kabar Banyumas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.