Pasangan Mega-Prabowo unggul di Rutan Purbalingga

Ditulis 08 Jul 2009 - 13:24 oleh Mr Banyumas

Meski di sejumlah TPS kalah dari SBY-Budiono, pasangan Megawati Soekarnoputri–Prabowo Subianto unggul dalam perhitungan suara di TPS Rumah Tahanan (Rutan) Purbalingga.
Perolehan suara masing-masing, 69 suara untuk Mega-Prabowo, 33 SBY-Boediono dan 34 JK-Wiranto. Sedangkan jumlah suara tidak sah sebanyak 5.
Ketua KPPS Rutan Purbalingga, Suharno, mengatakan pemilih yang menggunakan A7 sebanyak 23 orang dan C4 123 orang.
Sementara itu untuk mencukupi kekurangan surat suara terpaksa ada beberapa tahanan yang menggunakan hak pilihnya di TPS 6 wilayah Purbalingga Kidul, tidak jauh dari Rutan.
Pencontrengan di Rutan Purbalingga digelar sejak pukul 08.00 dan berakhir pukul 13.00, dengan dua unit bilik suara. Pencontrengan dimulai dari para napi dan tahanan. Dilanjutkan dengan pencontrengan oleh para petugas, termasuk penjaga Rutan.
Kekurangan surat suara di Rutan Purbalingga dicukupi KPU setempat sekitar pukul 12.30, Rabu (8/7). Penambahan stok surat suara oleh KPU dilakukan seusai Panwaslu kabupaten melakukan sidak ke TPS di rutan tersebut.
Ketua Panwaslu Kabupaten Purbalingga, Endang Yulianti, mengatakan setelah ditanyakan ke pihak Rutan, surat suara yang dibutuhkan masih kurang 28 lembar. Jumlah itu belum termasuk petugas atau jajaran pegawai Rutan.
KPU Purbalingga segera mengambil langkah atau upaya agar hak suara napi maupun tahanan tidak hilang. KPU langsung berkoordinasi dan segera diupayakan solusi.
Menurut Endang di Rutan Purbalingga terdapat 143 calon pemilih tetap yang masuk dalam DPT. Sebanyak 35 di antaranya menggunakan formulir A7. Surat suara yang seharusnya tersedia 146 lembar, namun masih kurang.
Ditambah beberapa orang yang menggunakan A7 dan baru masuk hari itu.
Sementara anggota Panwaslu kabupaten, Akmal Luthfi mengatakan kurangnya surat suara di rutan bisa dikatakan melanggar jika tidak ada penanganan KPU usai pelaporan kekurangan hingga batas waktu pencontrengan berakhir.
Tergantung kebijakan KPU Purbalingga dalam menyiasati kekurangan itu. (banyumasnews.com/pyt)

Tentang Penulis

Leave A Response