PURWOKERTO’s LANDMARK

Sebagai kota administratif untuk Kabupaten Banyumas, maka wajar saja jika kota ini lebih berkembang dari wilayah lain di Kabupaten Banyumas.

Sebagai warga Kabupaten Banyumas yang sudah sepuluh tahun menetap di Purwokerto, saya cukup memahami landmark-land mark Purwokerto yang melekat pada ingatan warga Banyumas.

Komplek kantor Bupati dan DPRD Tingkat II Kabupaten Banyumas

may-day-0131

Kompleks tersebut terletak di sebelah utara alun-alun Purwokerto. Di dalam kompleks kantor ini juga terdapat bangunan bersejarah yaitu Pendapa Sipanji, yang merupakan salah satu ikon kabupaten ini dan sering menjadi tujuan utama untuk menyuarakan isi hati rakyat ketika mereka sedang melakukan demonstrasi.

Stasiun Kereta Api Purwokerto

4-mei-2009-030

Jika Anda mengadakan perjalanan ke wilayah Eks Karisidenan Banyumas, dengan menggunakan Kereta Api, maka Stasiun Besar Kereta Api Purwokerto adalah tempat pemberhentian yang utama bagi Anda. Kecuali anda Aari daerah Bandung ke Purwokerto naik kereta api, maka Stasiun Kroya dapat menjadi tujuan Anda. Tetapi perlu diingat bahwa Stasiun Kroya jaraknya cukup jauh dari Purwokerto, lebih kurang 45 menit menggunakan kendaraan umum – mikro bus, jurusan Kroya – Banyumas – Purwokerto.

Terminal Bus Purwokerto

4-mei-2009-011

Terminal Bus Purwokerto terletak di sebelah selatan kota ini, tepatnya dekat dengan sebuah daerah yang diberi nama Desa Teluk. Terminal Purwokerto adalah sebuah terminal transit ke daerah Jateng lain. Terminal ini termasuk katagori terminal transit yang cukup besar di Jateng bagian selatan – barat. Dan hampir tidak pernah tertidur, selalu ada bus yang datang dan pergi setiap jamnya.

Rumah Sakit Margono Soekarjo

picture-007

Rumah sakit yang terletak berhadapan langsung dengan gerbang Kotatib yang dari arah timur. Rumah Sakit Margono saat ini merupakan rumah sakit pendidikan, tempat mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dibina.

Museum BRI

2-mei-2009-0042

Museum BRI terletak sangat dekat dengan Stasiun Besar Purwokerto, yaitu di sebelah timurnya, tepatnya di Jalan Bank pada pintu masuk timur, dan di Jalan Sudirman pada pintu masuk sebelah selatan.

Kantor Pos Besar Purwokerto

4-mei-2009-018

Anda akan melihat bahwa Kantor Pos Besar Purokerto adalah salah satu elemen penting bagi penyambung komunikasi anatar warga Banyumas, baik di luar negeri maupun di dalam negeri, dan di kota mana pun mereka berada. Saat ini Kantor Pos Purwokerto memberikan sebuah layanan yang menarik, yaitu membuat sebuah wall anouncement guna menyediakan informasi lowongan kerja yang up to date dan yang jelas terpercaya.

MORO – MOdal ROmbongan

4-mei-2009-016

Moro adalah pusat grosir yang terkemuka di Eks Karisidenan Banyumas. Banyak pembeli dari kabupaten sekitar Banyumas, melakukan belanja besar di sini.

Pasar Wage

6 mei 2009 006

Sebuah Pasar yang unik, dan perlu Anda ketahui umur pasar ini sudah di atas seratus tahun, dan lokasinya tidak pernah berpindah, hanya perbaikan dan peremajaan bangunan saja. Perputaran uang di sini termasuk yang paling besar di eks. Karisidenan Banyumas.

Universitas Jendral Sudirman – UNSOED

4-mei-2009-046

Universitas paling terkemuka dan favorit di area Eks Karesidenan Banyumas, Kedu, bahkan banyak mahasiswa yang berasal dari Jawa Barat dan DKI Jakarta. Beberapa fakultas yang terhitung baru juga sudah dibuka di universitas ini, seperti Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi.

Sekolah Polisi Negara – SPN

4-mei-2009-057

Beruntung sekali warga Banyumas mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu daerah, yang dipercaya untuk melakukan pembinaan calon-calon polisi masa depan.

Bundaran Terminal Lama

4-mei-2009-0121

Tempat yang sangat dikenal sebagai pangkalan “bayang” Angkot, terbesar di Purwokerto. Di bundaran ini Anda akan melihat sebuah patung yang menggambarkan semangat untuk belajar, mengembangkan diri, serta membangun bangsa. dan sebuah kemauan untuk membagikan semangat tersebut kepada generasi berikutnya.

Pasar Kebon Dalem

4-mei-2009-040

Di sinilah terminal bus Purwokerto pertama kali berdiri. Dahulu di sini adalah pusat utama perdagangan, transportasi, dan aktivitas warga Purwokerto-Banyumas.

Tugu Pembangunan

4-mei-2009-035

Sebuah tugu yang berdiri di kawasan yang cukup elite di Purwokerto, yaitu Kantor Polwil Banyumas, Polres Purwokerto, SMUN 1 Purwokero, Rumah Dinas Bupati Banyumas, Bank Indonesia.

Stadion SATRIA

4-mei-2009-042

Stadion yang merupakan pusat olahraga warga Purwokerto, kalau Jakarta Punya Gelora Bungkarno, maka Purwokerto punya GOR Satria.

Rumah Dinas Bupati

4-mei-2009-038

Sebuah bangunan yang kuno dan bersejahra. Sudah banyak pribadi yang menjadi Bupati di Banyumas, tinggal di sini.

Tugu Kereta Api

4-mei-2009-022

Sebuah koleksi dari sejarah perkereta-apian di Purwokerto-Banyumas, yang terletak dikawasan Stasiun Timur – Jl. Jendral Sudirman dan Jl. Merdeka. Stasiun ini sekarang hanya dikuhusukan untuk bongkar muat pupuk, dan semen. Dahulu lokomotif kereta api ini pernah menjadi lokomotif utama transportasi di Purwokerto-Banyumas.

Monumen Gatot Subroto

6-mei-2009-009

Sebuah monumen yang akan menyambut Anda, ketika Anda memasuki gerbang Kota Perwokerto, dari arah Timur seperti Yogyakarta, Purbalingga, dll.

(Dari blog banyumasan http://duniabanyumas.wordpress.com/travelling-yuk/purwokertos-landmark/)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.