Keliling desa dengan musik kentongan, ajak warga ke TPS

BANYAK cara dilakukan untuk mengajak warga ikut mensukseskan Pemilu 2009 ini. Seperti yang dilakukan sekelompok seniman di Desa Buaran Kecamatan Baturaden, Banyumas, Rabu (08/07) pagi tadi. Dengan memainkan kentongan dan sejumlah alat musik tadisionil lainnya, mereka berkeliling desa menyerukan agar warga datang ke TPS untuk melakukan pencontrengan.
Seruan mencontreng dengan cara ini ternyata mendapat perhatian dan menjadi tontonan menarik warga. Sejak pukul enam pagi, kelompok seniman yang berjumlah sepuluh orang ini mulai berjalan mengelilingi desa.
Gang gang sempit yang padat pemukimanpun mereka lalui. Sambil memainkan musik, sang kordinator woro woro, menyerukan agar warga tidak lupa segera mendatangi TPS yang ada di lingkungan mereka.
Joni Jonte (40), yang menjadi kordinator kegiatan ini, mengatakan dengan cara seperti itu diharapkan, selain diingatkan, warga juga menjadi tergugah untuk segera detang ke TPS. Menurut Joni, cara seperti ini bisa mengurangi ketegangan saat mereka akan mencontreng. Merekapun datang ke TPS dan meresa terhibur atas ajakan para seniman tersebut.
Joni, yang merupakan seniman tari ini, mengaku kegiatan itu ide murni dari sesama seniman di desanya. “Sama sekali tidak ada keterlibatan KPU atau aparat desa. Ini kegiatan murni kami yang perduli agar Pemilu berjalan lancar, bersih jujur dan adil,” ujar Joni.
Selain mendendangkan tembang tembang campursari, para seniman ini juga menyanyikan lagu lagu perjuangan. Pada saat behenti di depan rumah, mereka layaknya pengamen, langsung beraksi menyanyi sambil menari nari.
“Kita berharap kegiatan sepeti ini bisa ditiru oleh teman seniman di daerah lain. Karena seniman juga merupakan warga masyarakat yang mestinya ikut perduli dengan perhelatan demokrasi ini,” ujar seniman yang juga pendidik ini (banyumasnews.com/n-1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.