Golkar Purbalingga buka lowongan calon Wabup

PURBALINGGA – Pada pemilihan legislatif (pileg) April lalu, perolehan suara Partai Golkar Purbalingga hanya menduduki peringkat ketiga, dibawah PDIP dan Partai Demokrat. Karenanya, partai itu tidak berambisi memperebutkan posisi bupati Purbalingga, pada pilbup 2010 mendatang.

Tapi partai Golkar masih mungkin mendudukkan seseorang pada posisi wakil bupati,” tutur fungsionaris DPD Partai Golkar Purbalngga, Maskur, Selasa (18/8).

Maskur menambahkan, hingga kini, partainya belum menentukan figur yang akan diajukan menjadi wakil bupati Purbalingga. Karenanya, partai Golkar membuka ’lowongan’ bagi siapapun yang berminat mengikuti kompetisi pemilihan bupati Purbalingga pada 2010 mendatang.

”Siapapun boleh mendaftar ke Partai Golkar untuk posisi calon wakil bupati. Nanti akan melalui proses seleksi,” ujar Ketua Komisi D DPRD Purbalingga itu.

Ditanya apakah proses seleksi itu meliputi komitmen kontraprestasi bakal calon terhadap partai pengusungnya, Maskur tidak membantah. Hanya saja, Partai Golkar tidak akan mengutip sejumlah dana bagi si bakal calon tersebut.

”Komitmen yang kami minta berupa kesediaan menghidupi partai apabila bakal calon itu berhasil menduduki kursi wakil bupati. Bukan semacam uang muka agar bisa dicalonkan. Itu tidak baik,” tutur Maskur.

Menjelang pilbup Purbalingga pada April 2010, bursa bakal calon bupati dan wakil bupati masih sepi. Satu-satunya yang sudah secara tegas akan maju sebagai bakal calon bupati hanya Heru Sudjatmoko.

”Insya allah. Dengan ridho Allah dan dukungan masyarakat Purbalingga, saya akan mencalonkan diri menjadi bupati Purbalingga 2010-2015,” ujar Heru yang saat ini masih menjabat wakil bupati.

Berbagai rumor yang cukup santer menyebutkan, bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko juga tengah menyiapkan seseorang untuk menduduki jabatan bupati mendatang. Kepastian itulah yang sedang ditunggu-tunggu peminat lainnya.

”Bila Triyono mendukung pencalonan Heru, posisi Heru semakin kuat. Tapi bila Triyono punya calon sendiri, kekuatan akan terpecah. Dan itu peluang bagi calon lain,” ujar sebuah sumber. (banyumasnews.com/pyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published.