Dua wilayah di Kebumen rawan pangan

KEBUMEN – Dua wilayah kecamatan di Kabupaten Kebumen masuk dalam kategori rawan pangan. Wilayah itu masing-masing Kecamatan Karanggayam dan Kecamatan Padureso. “Setiap musim kemarau kedua kecamatan itu selalu mengalami kesulitan pangan,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Kebumen, A Trie Wibowo, Minggu, 16/8).

Trie Wibowo menjelaskan, ada 14 aspek suatu daerah dikategorikan rawan pangan, antara lain ketersediaan pangan, jaringan listrik, ketersediaan air bersih, akses jalan yang buruk, indek kesehatan buruk, angka kematian balita dan ibu tinggi, dan kehidupan warganya bermata pencaharian sebagai petani. “Daerah rawan pangan ini bukan semata-semata kekurangan pangan. Namun karena disebabkan oleh beberapa indikator tersebut,” jelas Trie Wibowo.

Guna mengatasi kekurangan pangan itu, lanjut Trie, Pemkab Kebumen telah memprioritas pembangunan di dua kecamatan tersebut. Warga juga diminta untuk selalu mengembangkan makanan di luar beras. Seperti umbi-umbian dan jagung. Tanaman itu bisa ditanam disekitar pekarangan rumah. “Pekarangan bisa menjadi lumbung makanan. Cara dengan ditanami ketela dan umbi-umbian lain. Sehingga jika musim paceklik, warga tidak akan tergantung beras,” ujarnya. (banyumasnews.com/pyt)

1 Comment

  1. sudah 64 tahun Indonesia merdeka… berita ini memprihatinkan. Mudah-2an pengelola negara ini melihat semua ini dan cari solusi segera.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.