Pilkada Purbalingga digelar Mei 2010

PURBALINGGA-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Purbalingga kemungkinan akan digelar pada Mei 2010. Hal itu mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Sesuai aturan itu persiapan dan tahapan pelaksanaan pilkada dilaksanakan enam bulan sebelum masa jabatan bupati dan wabup berakhir.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Sudarman SSos, Minggu (16/8) mengatakan, persiapan pelaksanaan tahapan pilkada kemungkinan akan dilaksanakan mulai Desember 2009. “

Bupati dan wabup saat ini yaitu Triyono Budi Sasongko dan Heru Sudjatmoko masa jabatannya sejak tahun 2005 dan akan usai pada 2010,” katanya.

Dijelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan KPU Pusat dan KPU Provinsi Jateng terkait persiapan pelaksanaan pilkada. Mengenai aturan teknis akan dibahas lebih lanjut.

Namun yang jelas menurutnya ada sejumlah pembaruan aturan yang akan diberlakukan. “Diantaranya soal anggota panwaslu. Kalau sebelumnya di UU Nomor 32 tahun 2004 jumlahnya lima orang, saat ini hanya tiga orang. Selain itu juga ada Panitia Pengawas lapangan (PPL),” ujarnya.

Mengenai perincian aturan terkait pelaksanaan pilkada Sudarman mengatakan akan dibahas lebih lanjut usai proses pemilu presiden selesai. Termasuk mengenai soal anggaran. Dia memperkirakan anggaran yang akan digunakan lebih besar dibandingkan pada pilkada 2005.

“Karena saat ini jumlah panitia pelaksana pilkada diantaranya panwaslu jumlahnya lebih banyak, karena ada PPL di setiap desa. Untuk anggaran murni dari APBD kabupaten,” katanya.

Sementara itu kendati tahapan pilkada akan digelar sekitar empat bulan lagi, namun nama-nama kandidat calon bupati (cabup) yang akan muncul masih adem ayem. Hanya saja belakangan disebut-sebut bahwa sosok wabup periode 2005-2010 Heru Sudjatmoko mulai mendapatkan banyak dukungan untuk maju sebagai cabup.

“Namun kendaraannya parpol apa ini yang masih belum jelas. Ada yang mengatakan Heru akan maju melalui jalur independent, namun ada juga yang mengatakan Heru akan maju melalui parpol yang mengusungnya di Pilkada 2005, yaitu PDIP dan koalisi Parpol Islam,” ujar sumber di

Purbalingga.

Sedangkan fungsionaris DPD Partai Golkar Purbalingga, H Sudono ST MM ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum melakukan penjaringan terhadap cabup dan cawabup.

Saat ini Golkar menurutnya masih berkonsentrasi untuk persiapan pelaksanaan Munas dan Musda tingkat kabupaten. “Kepastian siapa kandidat yang kami usung masih menunggu perhelatan itu,” ungkapnya. (banyumasnews.com/pyt)

2 Comments

  1. ayo siapa yang akan maju? Pak Tri mbok wis 2 kali masa jabatan. Ana calon sing bisa meneruskan sukses Pak Tri?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.