Tim KBPP datangi rumah pejabat Banjarnegara

Ditulis 07 Jul 2009 - 12:35 oleh Mr Banyumas

Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) Kabupaten Banjarnegara kini mulai melakukan pendataan penduduk. Pendataan ini selain untuk mengetahui keadaan jumlah penduduk juga tingkat kesejahteraan, dan partisipasi aktif masyarakat dalam program Keluarga Berencana.
Mengawali kegiatan ini, Tim dari KBPP dan Kader telah melakukan pendataan di kediaman keluarga Wakil Bupati Banjarnegara, Drs. Soehardjo MM, dan kediaman keluarga Sekda Banjarnegara H Syamsudin S Pd MPd. Untuk pendataan keluarga Bupati Drs Ir H Djasri MM MT direncanakan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.
Kepala Badan KBPP Kabupaten Banjarnegara, Drs Bambang Siswanto MSi, mengatakan pendataan yang dilakukan oleh pihaknya adalah untuk mengetahui jumlah penduduk, tingkat kesejahteraan dan sejauh mana partisipasi masyarakat dalam mendukung program Keluarga Berencana.
Dalam melakukan pendataan, pihaknya membentuk kader-kader di tingkat Rukun Tetangga (RT). Masing-masing RT diangkat dua orang kader. Di lapangan, merekalah yang lebih aktif mendata, sementara Tim KBPP hanya mendampingi.
“Dalam pendataan itu antara lain dicatat nama kepala keluarga, istri, anak baik anak kandung maupun angkat, dan anggota keluarga lain yang tinggal dalam satu rumah misalnya anak menantu. Pendataan lain adalah tentang umur, pekerjaan, pendidikan, penghasilan, jumlah ibu hamil, jumlah Pasangan Usia Subur dan alat kontrasepsi yang digunakan,” ujar Bambang Siswanto.
Sedangkan tingkat kesejaheraan keluarga ada empat kriteria yaitu: Pra Keluarga Sejahtera (Pra KS), Keluarga Sejahtera 1 (KS 1), Sejahtera 2 (KS 2), Sejahtera 3 (KS 3) dan Sejahtera 3 plus (KS 3 plus). Istilah di lapangan, Pra KS sering disebut sebagai “Rawan Miskin”, KS1 sebagai “Risiko Miskin”, KS2 “tidak miskin tapi belum kaya”, KS3 “Kriteria Kaya” dan KS3 plus adalah kategori “kaya dan bermanfaat bagi masyarakat”.
Menurut Bambang Siswanto, istilah “bermanfaat bagi masyarakat” ditandai dengan aktifnya Kepala Keluarga dan anggotanya dalam kegiatan di masyarakat. Contoh paling jamak, misalnya menjadi pengurus RT atau Ormas di sekitar lingkungannya.
Bambang Siswanto menambahkan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya kerap menjadi rujukan pihak lain yang ingin mengetahui keadaan real penduduk Kabupaten Banjarnegara.
Pada kesempatan pendataan tersebut, H Syamsudin SPd MPd atas nama keluarga besarnya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pendataan. Syamsudin menambahkan, program KB bukanlah hanya sebatas masalah jumlah penduduk dan alat kontrasepsi, namun sebuah program terpadu yang harus didukung seluruh anggota keluarga, untuk menciptakan ketahanan dan kesejahteraan keluarga lahir dan batin. (banyumasnews.com/muji pras).

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. yadi supaedi 07/07/2009 pukul 12:39 -

    banyumasnews.com luamayan sekali buat kangen kangenan kami yangh diluar banyumas. trims ya.

Leave A Response