Gapoktan SMM Serang Purbalingga ikuti PNPMM Expo di Jakarta

Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Serang Sukses Makmur (SSM) Desa Serang Kecamatan Karangreja Purbalingga mengikuti Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Mandiri PNPMM) Expo 2009, di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), yang berlangsung dari 14 hingga 16 Agustus 2009.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) itu, Gapoktan SSM Serang mewakili gapoktan penerima Bantuan Langsung Masyarakat Pengembangan Usaha Agrisbisnis Perdesaan (BLM PUAP) se Indonesia. Pada expo itu, ada stand yang memamerkan produk dari gapoktan seluruh Indonesia, termasuk Purbalingga. Tapi disamping itu, ada stand khusus untuk Gapoktan SSM Serang.

Menurut tim penilai dari pemerintah pusat, hal yang menarik dan mendapatkan nilai tinggi, karena gapoktan SSM memiliki Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) yang merupalan unit simpan pinjam bagi anggota kelompok tani.

“LKMA ini mulai dikelola secara terpisah oleh manajer dan stafnya sejak gapoktan itu menerima program PUAP sebesar Rp 100 jutadari Departemen Pertanian,” tutur Aman Waliyudin, pendamping LKMA Gapoktan SMM Serang, Rabu (12/8).

Pengelolaan LKMA PUAP oleh manajer, agar pengelola dapat menjalankan tugasnya dengan optimal karena pengurus gapoktan umumnya memiliki pekerjaan tetap selain menjadi pengurus gapoktan.

Aman yang juga Direktur PBR Syariah Buana Mitra Perwira Purbalingga menambahkan, dalam pengelolaan PUAP, gapoktan SSM menggunakan prinsip syariah.

Menurut Aman, pada 2008 lalu, terdapat 35 gapoktan di Purbalingga yang menerima dana PUAP sebesar Rp 100 juta. Pada 2009, direncanakan sedikitnya 48 gapoktan akan menerima dana yang sama dari Departemen Pertanian. Dana tersebut nantinya dikelola melalui LKMA.

”LKMA Gapoktan SSM Serang yang paling cepat berkembang diantara 35 LKMA yang ada di Purbalingga. Hingga Juli 2009, dana LKMA PUAP itu sudah mencapai Rp 182 juta. Dana itu terkumpul dari simpanan anggota, dan bantuan dan keuntungan operasional,” ujar Aman Waliudin.

Gapoktan SSM Serang terdiri dari sepuluh kelompok tani di desa itu. Gapoktan itu memenangkan lomba gapoktan tingkat Jateng dan menyandang prestasi Gapoktan Prestasi Tingkat Nasional. (banyumasnews.com/pyt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.