Puluhan penderita Penyakit Kronis Terima Bantuan Berobat

Ditulis 11 Agu 2009 - 21:58 oleh Banyumas1

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banyumas memberikan bantuan kepada warga miskin yang menderita penyakit kronis di Kecamatan Ajibarang. Bantuan uang transport senilai Rp 400.000 per orang itu diharapkan bisa digunakan berobat di rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Kabid Penanggulangan Bencana, Kemiskinan, dan Rehabilitasi Sosial (PBKRS) Dinsos Banyumas, Herry Kisyanto Selasa (11/08) mengatakan, bantuan ini untuk memberikan motivasi kepada warga miskin yang menderita penyakit kronis, agar mereka bisa menjalani perawatan di rumah sakit atau Puskemas.

Meski mereka bisa berobat gratis, namun tetap membutuhkan uang transport. Karena itu Dinsos membantu uang transport kepada penderita penyakit kronis untuk mempermudah mereka berobat.” Ya semoga saja ini bisa meringankan beban saudara saudara kita, “ujar Herry .

Herry mengatakan, para penderita penyakit kronis yang mendapatkan bantuan uang transport, sebelumnya melampiri surat keterangan tidak mampu dari desa, rujukan puskesmas, dan rumah sakit setempat.

Dia menambahkan, bantuan senilai Rp 400.000 per orang ini diambil dari dana APBD II. Ini sesuai dengan UU No 4 tahun 1997 tentang penyandang cacat. Program ini akan berlanjut ke kecamatan lain, dengan harapan si penderita penyakit kronis bisa kembali melakukan aktifitasnya.

Selain memberikan bantuan uang transport, Dinsos memberikan pelatihan ketrampilan dan bantuan berupa modal usaha yang diambil dari dana APBD 1. Tujuannya, meningkatkan kualitas taraf hidup (banyumasnews.com/n-1)

Tentang Penulis

Leave A Response