Jelang puasa PMI Banyumas tambah stok darah

Guna memberikan pelayanan maksimal dan mengantisipasi lonjakan permintaan darah selama bulan Ramadhan, PMI Banyumas terus berupaya menambah persediaan kantung darah hingga tanggal 22 Agustus mendatang.

Kepala divisi petugas pencari donor darah sukarela (P2D2S) PMI Banyumas, Rubiyanto kepada banyumas news.com mengatakan hingga hari ini Senin (10/8) jumlah stok yang dimiliki mencapai 268 kantung.

“Seperti tahun tahun sebelumnya kami akan berupaya untuk menambah stok darah hingga awal puasa, totalnya hingga 400 kantung karena disesuaikan dengan kapasitas ruang penyimpanan kantung darah PMI,” jelas Rubiyanto di ruang kerjanya.

Untuk mencapai jumlah tersebut Rubiyanto mengatakan PMI akan bekerja sama dengan sejumlah instansi mengadakan kegiatan donor darah, diantaranya dengan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas serta Batalyon 405 Suryakusuma pada tanggal 14 Agustus mendatang.

Dia memperkirakan sejak awal puasa hingga dua minggu setelah Idul Fitri sangat jarang anggota masyarakat yang mendonorkan darahnya, jikalau ada jumlahnya tidak lebih dari sepuluh orang.

“Sebenarnya tidak masalah mendonorkan darah di bulan puasa, karena waktunya bisa dialihkan setelah berbuka puasa atau setelah Solat Tarawih, kami dari PMI Banyumas selalu siap melayani masyarakat hingga 24 jam,” ungkap Rubi.

Semisal stok darah menipis, maka PMI akan memberlakukan sistem tukar darah, yakni mewajibkan masyarakat yang membutuhkan golongan darah tertentu mengganti dengan stok yang sama di lain waktu, sehingga tidak terjadi kekosongan stok kantung darah.

Adapun jumlah stok darah berdasarkan golongan yakni, A 96 kantung, B 65 kantung, O 66 dan golongan darah AB 41 kantung. (banyumasnews.com/lin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.