Bukateja Juara Favorit Festival Kuda Kepang

Sang juara, group Kuda Kepang Sekar Budaya Bukateja/foto:pras
Sang juara, group Kuda Kepang Sekar Budaya Bukateja/foto:pras

Grup kuda kepang asal kecamatan Bukateja berhasil menjadi juara favorit dalam Festival Kesenian Tradisional Kuda Kepang Tingkat Kabupaten Purbalinggayang digelar Minggu (9/8) di alun-alun Purbalingga. Festival itu digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke 64 sekaligus nguri-uri budaya tradisional.

“Ada 15 grup kesenian kuda kepang yang menjadi pesertanya. Mereka mewakili masing-masing kecamatan. Seluruhnya tampil dalam durasi sekitar 12 menit. Kebetulan pada kegiatan itu grup Bukateja menjadi juara favorit,” kata Haryono Sukiran, Juri dari Dewan Kesenian Purbalingga (DKP).

Sedangkan berurutan juara masing-masing tingkatan adalah, Kemangkon (I), Padamara (II), Bukateja (III), Purbalingga (IV), Mrebet (V) dan kecamatan Kaligondang peringkat ke 6. Sejumlah penilaian didasarkan pada komposisi gerak, kreatifitas penampilan, kesesuaian musik dengan gerak tubuh. Mereka dinilai oleh juri dari DKP, ISI Yogyakarta, dan pemerhati seni kuda kepang.

“Masing-masing juara I, II, III, IV, V dan VI berhak mendapatkan hadiah berurutan sebesar, Rp 2,5 juta, Rp 2 juta, Rp 1,5 juta, Rp 1 juta, Rp 900 ribu dan Rp 750 ribu. Mereka juga mendapatkan uang transport masing- masing grup sebesar Rp 200 ribu,” katanya. (banyumasnews.com/pyt)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*