Bukateja Juara Favorit Festival Kuda Kepang

Ditulis 09 Agu 2009 - 23:29 oleh Banyumas1
Sang juara, group Kuda Kepang Sekar Budaya Bukateja/foto:pras

Sang juara, group Kuda Kepang Sekar Budaya Bukateja/foto:pras

Grup kuda kepang asal kecamatan Bukateja berhasil menjadi juara favorit dalam Festival Kesenian Tradisional Kuda Kepang Tingkat Kabupaten Purbalinggayang digelar Minggu (9/8) di alun-alun Purbalingga. Festival itu digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke 64 sekaligus nguri-uri budaya tradisional.

“Ada 15 grup kesenian kuda kepang yang menjadi pesertanya. Mereka mewakili masing-masing kecamatan. Seluruhnya tampil dalam durasi sekitar 12 menit. Kebetulan pada kegiatan itu grup Bukateja menjadi juara favorit,” kata Haryono Sukiran, Juri dari Dewan Kesenian Purbalingga (DKP).

Sedangkan berurutan juara masing-masing tingkatan adalah, Kemangkon (I), Padamara (II), Bukateja (III), Purbalingga (IV), Mrebet (V) dan kecamatan Kaligondang peringkat ke 6. Sejumlah penilaian didasarkan pada komposisi gerak, kreatifitas penampilan, kesesuaian musik dengan gerak tubuh. Mereka dinilai oleh juri dari DKP, ISI Yogyakarta, dan pemerhati seni kuda kepang.

“Masing-masing juara I, II, III, IV, V dan VI berhak mendapatkan hadiah berurutan sebesar, Rp 2,5 juta, Rp 2 juta, Rp 1,5 juta, Rp 1 juta, Rp 900 ribu dan Rp 750 ribu. Mereka juga mendapatkan uang transport masing- masing grup sebesar Rp 200 ribu,” katanya. (banyumasnews.com/pyt)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. gusti abimayu 18/09/2009 pukul 10:18 -

    hai,coz q mau tanya apa sih gunanya indang itu ? qnak paguyuban dari SEKAR SARI AJI TURONGGO PUTRA kamituan q bernama pak hasan,pak yanto

Leave A Response