Disbudpar Banyumas berencana bentuk dewan bahasa

Ditulis 07 Agu 2009 - 17:22 oleh Banyumas1

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas berencana membentuk dewan bahasa yang bertujuan untuk melestarikan bahasa Banyumas. Rencana pembentukan dewan bahasa sebenarnya sudah digulirkan setengah tahun yang lalu. Kini telah dibentuk tim perumus yang terdiri sembilan orang. Mereka telah merancang nama lembaganya yakni dewan bahasa Banyumas, struktur kepengurusan dan program kerja. Namun hingga kini Disdikpora belum memanggil tim, kemungkinan oktober mendatang.

Ketua tim perumus dewan bahasa, Bambang Wadoro, Jumat (7/8) mengatakan lembaga bahasa di Banyumas dibutuhkan seiring dengan kuatnya arus budaya tandingan maupun sandingan seperti budaya asing.

Dalam konteks kerja dewan bahasa nantinya tidak mempermalasahkan apakah bahasa Banyumas lebih tua dari bahasa Jawa atau bahasa yang digunakan di Solo dan Yogya. Menurut Bambang dewan bahasa akan melakukan suatu gerakan politik identitas, tujuannya untuk menggerakkan masyarakat menggunakan bahasa Banyumas sebagai bahasa sehari hari.

“Caranya dengan mengangkat bahasa Banyumas dalam bentuk naskah dan tulisan, membeiasakan dari lingkungan keluarga untuk berbahasa Banyumas, dan itu mulai diterapkan di lingkungan tempat tinggal saya seperti dalam rapat pertemuan RT, karena melestarikan bahasa Banyumas sama dengan melestarikan bahasa Jawa,” jelas dia.

Untuk wilayah perkotaan gerakan tersebut dalam pandangannya susah diterapkan karena begitu kuatnya tekanan budaya dari luar berbeda dengan masyarakat di pelosok pedesaan yang setiap berkomunikasi menggunakan bahasa Banyumas. (banyumasnews.com/ndu)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Laely 30/09/2009 pukul 11:42 -

    Pak, saya berasal dari Cilacap. sekarang saya sedang mengambil S2 untuk jurusan Pend.Sejarah. Saya berrencana untuk membuat tesis yang berhubungan dengan Bahasa Banyumas dari sudut pandang sejarahnya. untuk itu, saya memohon bantuan literatur ataupun referensi (jika ada). Atas bantuan dan perhatiannnya saya sampaikan terimakasih. Surat balasan dari bapak/ibu sangat saya harapkan, dan bapak/ibu bisa mengirimkannya via email.

Leave A Response