Lulusan SMP di Kemangkon pilih jadi penambang pasir

Puluhan anak lulusan SLP di wilayah kecamatan Kemangkon Purbalingga lebih suka jadi penambang pasir. Selain alasan ekonomi, adanya anggapan sekolah lebih tinggi tidak menjamin mendapatkan pekerjaan juga mempengaruhi pilihan mereka.

”Orang tua siswa yang lebih dominan menentukan mau melanjutkan sekolah atau tidak,” tutur Kepala Sekolah SMK Ma’Arif Kemangkon, Atim Riyadi Rabu (5/8).

Karena dianggap sudah cukup dewasa dan kuat, lanjut Atim, orang tua menyuruh anaknya membantu menambang pasir di Sungai Klawing. Dengan dibantu anaknya, pasir yang diperolehnya menjadi lebih banyak, dan pendapatannya pun lebih besar.

”Tapi kami tetap berusaha meyakinkan kepada para orang tua itu mengenai pentingnya melanjutkan sekolah bagi anak-anaknya,” ujar Atim.

Terpisah, Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan Purbalingga, Subeno mengakui banyaknya lulusan siswa SLP di Kemangkon yang tidak melanjutkan sekolah. Dinas Pendidikan masih berusaha mendorong para lulusan SLP itu untuk melanjutkan pendidikan formal yang lebih tinggi, yakni SMA atau SMK. Menurut Subeno, bagaimanapun sekolah formal lebih baik.

”Tapi kalau upaya itu tidak berhasil, kami akan upayakan jemput bola. Dinas mengirimkan guru ke desa-desa di Kemangkon dan membuka program kejar (kelompok belajar) paket C,” ujar Subeno. Program kejar paket C menjadi pilihan yang paling realistis. Karena program itu dibiayai dari APBN.

Mengenai kemungkinan anak-anak penambang pasir itu disekolahkan di SMA terbuka, Subeno mengungkapkan, di Purbalingga baru ada satu SMA terbuka, yakni di kecamatan Kutasari yang jaraknya mencapai sekitar 20 kilometer dari Kemangkon.

SMA terbuka di Kutasari merupakan pilot project pemerintah propinsi (pemprop) Jateng. Selain di Purbalingga, SMA terbuka pilot project pemprop Jateng berada di lima kabupaten yang lain (banyumasnews.com/pbg)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.