Jelang Pilkada Purbalingga, Wabup Heru Siap maju

wabup heru sujtmikoPilkada Purbalingga akan dilaksanakan pada akhir Mei 2010 atau kurang sepuluh bulan lagi. Namun demikian, belum muncul nama kandidat calon bupati selain Drs H Heru Sudjatmoko M Si yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Purbalingga.

Hingga saat ini baru Heru Sudjatmoko yang telah terang-terangan akan maju dalam bursa pilkada 2010. Hal itu disampaikan dalam sejumlah acara pertemuan dengan masyarakat di sejumlah kecamatan. Birokrasi di kecamatan hingga perangkat desa juga sudah banyak yang memberikan dukungan terhadap pencalonannya.

Meski demikian, KPU memprediksi tetap akan muncul calon lainnya. Pasalnya, Pilkada tersebut tidak dapat digelar jika hanya ada satu peserta atau calon tunggal. Ketua KPu Purbalingga Hery Sulistiyono ST mengatakan, selain aturan tidak boleh ada calon tunggal, mekanisme calon independen juga dapat ditempuh bagi calonh yang tidak bisa mendaftar melalui partai politik.

“Mekanisme calon independen itu diatur dalam Undang Undang nomor 12 tahun 2008 . calon independen minimal mengantonbgi dukungan dari 4 persen dari jumlah penduduk di Purbalingga yang kini mencapai sekitar 920 ribu jiwa. Berarti, calon independen harus mendapat dukungan sekitar 36.800 jiwa,” tutur Heryn yang dihubungi banyumasnews.com, Rabu (05/08).

Mendekati pelaksanaan Pilkada itu, KPU Purbalingga telah mengajukan anggaran Pilkada 2010 sebesar Rp 16,9 miliar. Dan atersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya honor PPK, PPS dan KPPS serta pengadaan barang dan jasa. “Honor PPK maupun PPS akan mengacu pada besaran pemilihan langsung terakhir atau pilprtes. Ketua PPK kami anggarkan mendapatkan honor Rp 1 juta dan anggota PPK Rp 750 ribu per bulan,” tambahnya(banyumasnews.com/pbg)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.