Banjarnegara tingkatkan kerjasama lintas kabupaten

Ditulis 04 Agu 2009 - 11:03 oleh Banyumas1

Bupati Banjarnegara Drs. Ir. Djasri, MM.MT mengatakan, salah satu faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan suatu daerah di era otonomi saat ini adalah kemampuan membangun kerjasama dengan daerah tetangga dan daerah-daerah lain.Beberapa yang perlu mendapat perhatian kita adalah kesiapsiagaan daerah menangani bencana, kesiapan lalu lintas dan pengamanan menjelang lebaran, program raskin, konversi minyak tanah ke LPG, TPA sampah regional, pandemi flu babi, dan usulan kerjasama antar daerah menjadi kegiatan provinsi.

Hal tersebut dikemukakan bupati saat membuka Forum Koordinasi/Komunikasi antar Bupati dan Walikota Se-Wilayah Bakorwil III di Pendopo Kabupaten Banjarnegara ,Senin (03/07)

Sementara itu, harapan yang mengemuka dari Bupati Banjarnegara lewat forum ini diantaranya perlu peningkatan koordinasi tingkat Bakorwil, Provinsi, lintas sektor, dan Pemerintah Pusat untuk pengentasan kemiskinan di Banjarnegara. Bupati mengajak kerjasama yang nyata dalam bidang pariwisata, kesehatan, dan pendidikan dengan Kabupaten dan Kota se-Bakorwil III. “Saya mengajak untuk membuat perusahaan daerah bersama terkait potensi batu lempeng di Banjarnegara yang cukup menjanjikan. 200 juta dari masing-masing daerah saya rasa cukup”, jelasnya.

Di bidang lingkungan hidup, perlu peningkatan kerjasama antar Kabupaten Batang, Pekalongan, Kendal, Wonosobo, dan Temanggung dalam pengelolaan rehabilitasi hutan lindung kawasan DT Dieng untuk mengurangi sedimentasi dalam rangka peningkatan daerah dan resapan air. “Dalam bidang pengairan, perlu ditingkatkan pembangunan jaringan irigasi antar kabupaten untuk peningkatan kualitas tanam dan hasil pertanian”, tambahnya.

Selain itu, jalur jalan negara Wonosobo-Banjarnegara-Purbalingga/Banyumas kapasitas dan intensitasnya tidak seimbang, sehingga perlu penanganan lebih serius mengingat merupakan jalur alternatif tengah di Provinsi Jawa Tengah. “Demi kelancaran akses ekonomi dan pariwisata, pelebaran jalan provinsi jalur Pekalongan-Kalibening-Wanayasa-Batur juga perlu segera ditangani”, pungkasnya .

Dalam pertemuan yang dihadiri 11 Bupati dan Walikota tersebut, Kepala Bakorwil III, Ir. Satrio Hidayat mengungkapkan beberapa permasalahan yang memerlukan dukungan seluruh pemerintah daerah di wilayah Bakorwil III untuk diajukan ke Pemerintah Provinsi maupun Pusat sebagai langkah strategis untuk peningkatan pembangunan sektor mikro maupun makro (banyumasnews.com/yov).

Tentang Penulis

Leave A Response