Menyulap Bangunan Angker Menjadi Obyek Wisata

Ditulis 06 Jan 2014 - 08:28 oleh Nanang BNC
Gedung tua bekas pabrik aci yang disulap  jadi lokasi wisata Dreamland Park (foto:nanang an)

Gedung tua bekas pabrik aci yang disulap jadi lokasi wisata Dreamland Park (foto:nanang an)

BANGUNAN atau gedung tua kerapkali identik dengan tempat yang angker dan bernilai magis. seperti  bangunan peninggalan jaman pemerintahan Belanda yang banyak terdapat di Indonesia. Namun di Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa tengah, sebuah bangunan peninggalan jaman Belanda berupa bekas pabrik aci atau tepung dari ketela pohon yang selama ini dikenal angker dan ‘wingit’ justru disulap menjadi obyek wisata. Pada musim liburan, tempat yang dikenal dengan nama Dreamland Park itu kini menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi para wisatawan lokal dan manca negara.

Jika melihat bangunannya, kesan yang ada dalam pikiran kita adalah bangunan tua yang angker . Maklum saja bangunan berupa bekas pabrik aci atau tepung dari ketela pohon telah berusia ratusan tahun. Bangunan yang berada di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang  ini juga jauh dari pemukiman penduduk.

Kincir air bekas Pabrik Aci milik Belanda tahun 1892 (foto:nanang an)

Kincir air bekas Pabrik Aci milik Belanda tahun 1892 (foto:nanang an)

Menurut pengelola obyek wista , pabrik ini berdiri pada tahun 1892 dan merupakan milik pemerintah Kolonial Belanda yang saat itu memproduksi tepung tapioka untuk diekspor.

“Setelah Indonesia merdeka, bangunan ini ditinggal sehingga menjadi sebuah tempat yang oleh warga sekitar dianggap angker.

Salah satu peninggalan yang masih dimanfaatkan bangunan depan dengan gaya klasik, serta atap baja yang sudah berusia ratusan tahun masih tampak kokoh, ” ujar GM Dreamland Park, Agus Supriyanto.

Selain itu ada kincir air, yang pada masa itu digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik dan dipakai untuk menggerakan alat alat produksi, karena pada masa itu, belum ada jaringan listrik di wilayah tersebut.

Siapa sangka jika tempat yang sebelumnya tak pernah dikunjungi orang, kini berubah total menjadi tempat yang selalu diserbu warga. Karena bangunan dan wilayah disekitarnya itu kini telah berubah menjadi obyek wisata bernama Dreamland park.

Jika anda ingin berkunjung ke lokasi ini sangat mudah menjangkaunya,karena berada di depan jalan utama Ajibarang-Wangon. (nanang anna noor)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Adi Parllente 06/01/2014 pukul 13:06 -

    Ooohhhhhh…. ternyata DREAMLAND PARK dulunya bangunan tua…
    Aku baru tau……

Leave A Response