Pendapatan Sektor Pariwisata Cilacap tak capai target

Cilacap (BNC) РKepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Imam Yudianto, mengatakan bahwa pendapatan sektor pariwisata pada 2013 tidak mencapai target.

“Target kita di tahun 2013 sebesar Rp 1,7 miliar, namun hingga saat ini baru mencapai Rp 1,5 miliar. Hingga akhir tahun 2013 tampaknya sulit untuk mencapai target itu,” katanya di Cilacap, Jumat pekan lalu.

Karang Pandan pulau Nusa kambangan
Karang Pandan pulau Nusa kambangan (Google Image)

Menurut Imam, tidak tercapainya target tersebut disebabkan beberapa faktor, antara lain pendeknya masa liburan pascalebaran 2013.

Dengan demikian, kata dia, jarang masyarakat yang memanfaatkan waktu libur pascalebaran untuk berwisata karena masa liburannya lebih banyak sebelum Lebaran.

Selain itu, kata dia, Kabupaten Kebumen yang berada di sebelah Timur Cilacap gencar mempromosikan objek wisata barunya, yakni Pantai Suwuk.

“Kondisi tersebut turut memengaruhi kunjungan wisatawan ke Cilacap yang hingga saat ini masih mengandalkan wisata pantai. Namun saat libur Hari Natal kemarin, jumlah pengunjung Pantai Teluk Penyu tampaknya mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari-hari libur lainnya,” kata Imam.

Dia mengatakan bahwa Disparbud Cilacap pada 2014 menargetkan pendapatan sektor pariwisata sebesar Rp 1,7 miliar atau sama seperti target pada 2013.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan promosi wisata agar jumlah wisatawan yang datang ke Cilacap semakin meningkat.

Disinggung mengenai kegiatan untuk menyambut Tahun Baru 2014, dia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Cilacap akan menggelar panggung hiburan pada malam pergantian tahun di Alun-Alun Cilacap.

Selain dimeriahkan berbagai grup band, kata dia, dalam acara tersebut juga akan diisi dengan pesta kembang api. (Ant)

Benteng Pendem Cilacap

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.