Jalan Tol di Meksiko Longsor, Dua Truk Semen Terjebak

Tijuana-Ensenada toll road
Jalan tol yang menghubungkan Tijuana-Ensenada longsor setelah diguncang gempa.

TIJUANA (BNC) – Jalan tol yang menghubungkan kota Tijuana dan Ensenada mendadak longsor dan rusak parah. Sejumlah mobil yang tengah melewati jalan itu terjebak dalam longsor sehingga tak bisa melanjutkan perjalanan.

Longsor membuat jalan tol di pinggir Samudera Pasifik itu amblas sedalam 90 meter. Saat kejadian dua buah mobil besar pengaduk semen milik sebuah perusahaan semen sedang melintas. Beruntung kedua mobil tersebut tak terguling.

Belum ada keterangan resmi apa penyebab longsornya jalan tol ini. Namun kuat dugaan patahan-patahan di jalan dekat perbatasan Amerika Serikat ini terlihat setelah beberapa gempa kecil (1,3 SR – 4,3 SR) mengguncang daerah ini pada 19 Desember lalu. Dua hari berselang, celah-celah besar muncul di sisi tebing. Kondisi ini lalu diperburuk oleh hujan lebat yang mengguyur selama beberapa hari.

Walikota Ensenada, Gilberto Hirata, menyalahkan CAPUFE (otoritas pengelola jalan tol dan jalan raya di Meksiko) atas kejadian ini. Menurut situs SanDiego6.com, Hirata menyesalkan kenapa jalan tak segera ditutup begitu foto-foto dan laporan mengenai kerusakan jalan tol tersebut tersebar di sosial media.

Wajar saja Hirata marah. Ensenada adalah kota pelabuhan yang hidup dari lalu lintas barang dari dan ke pelabuhan. Kota ini memiliki terminal kontainer tersibuk nomor tiga di Meksiko. Ensenada juga merupakan akses utama ke kota Baja melalui jalur laut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.