Paus Fransiskus Pria Berpenampilan Terbaik 2013 Versi Majalah Esquire

Ditulis 30 Des 2013 - 14:02 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
152
Dalam Tag
paus fransiskus

Paus Fransiskus tak segan melayani permintaan foto bareng anak-anak muda yang mengunjungi Vatikan.

NEW YORK (NBC) – Majalah Esquire menobatkan Paus Fransiskus sebagai Pria Berpenampilan Terbaik tahun 2013. Majalah gaya hidup lelaki terbitan Amerika Serikat ini mengakui pilihan tersebut sangat tidak konvensional, namun Paus memang layak mendapatkan anugerah tersebut.

Menurut Esquire, Paus yang mempunyai banyak gelar seperti The Holy See, the Vicar of Jesus Christ, dan the Pontiff ini tampil lebih stylish dibanding para pendahulunya. Pilihan sang Paus pada gaya simpel namun elegan merupakan sinyal dari sebuah era baru Gereja Katolik yang selama ini terkenal kaku dan tertutup.

Mark-Evan Blackman, asisten profesor desain pakaian pria di Fashion Institute of Technology, mengatakan pada Esquire, “Gaya berpakaiannya sungguh mencerminkan pola pikir yang ada di kepalanya. Aku ingat ketika Paus Yohanes Paulus II disemayamkan dalam balutan sepatu merah nan mewah. Saat Paus kini terpilih dan memutuskan untuk tidak memakai sepatu merah, aku rasa itu merupakan refleksi dari pendekatannya untuk menjadi seseorang yang memiliki fungsi dalam sebuah peran.”

Rendah Hati
Di luar urusan pakaian, Paus Fransiskus banyak dipuji atas sikap rendah hatinya. Pada perayaan Kamis Putih lalu, Paus tak segan mencium kaki dua orang remaja yang salah satunya adalah seorang Muslim. Juli lalu, Paus mengundang orang-orang tunawisma untuk makan malam dengannya di Lapangan Santo Petrus.

Belum lama ini, satu kejadian menarik terjadi di Vatikan. Saat Paus sedang memberikan khotbah, seorang anak kecil dengan santai duduk dan bermain-main di kursi singgasana Sang Paus. Alih-alih menyuruh si bocah turun, Paus justru hanya tersenyum dan membiarkan bocah tersebut menempati kursinya selama ia berkhotbah.

Agustus lalu, Paus berfoto dengan sekelompok remaja yang tengah berziarah di Vatikan. Beberapa pekan setelahnya, Paus berfoto dengan sepasang pengantin baru sambil memakai hidung palsu bulat berwarna merah ala badut.

“Paus Fransiskus paham bahwa pakaian pria sungguh berarti untuk mengekspresikan karakter dari pria yang menggunakan pakaian tersebut,” kata Mary Lisa Gavenas, pengarang buku The Fairchild Encyclopedia of Menswear.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response