Dua calon independen ramaikan Pilkada Kebumen

pilkada langsungPilkada Kebumen bakal ramai dengan munculnya calon alternatif diluar partai . Ada dua kandidat siap maju lewat jalur independen atau perseorangan pada Pilwabup Kebumen yang akan digelar Juli 2010 ini.

Dua kandidat itu yakni H Poniman Kasturo, pengusaha Jakarta asal Prembun dan Hj Sri Hayati, istri Purnawirawan Jenderal (Purn) asal Kauman Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen.

Poniman sejak setahun lalu sudah bergerilya mengenalkan diri ke pelosok desa-desa dan menggelar berbagai acara. Sejumlah kalender dan stiker juga sudah disebar. Bahkan dia sudah membentuk Poniman Center di Prembun untuk memuluskan niatnya menjadi orang nomor satu di Kebumen. Sementara Sri Hayati kerap menghadiri pengajian akbar di Kebumen.

Dalam beberapa kesempatan, Poniman menyatakan siap maju lewat jalur independen. Dia mengaku optimistis bisa mendapatkan dukungan seperti yang disyaratkan undang-undang yakni 36 ribu dengan bukti foto kopi KTP dan tanda tangan warga. “Saat ini saya lebih sering  di Jakarta, tapi kegiatan untuk masyarakat masih dijalankan tim sukses,” kata Poniman saat dihubungi Radarmas, Senin.

Poniman mengaku tertarik maju Pilkada karena tergerak ingin memajukan Kebumen yang selama ini masih tertinggal. “Potensi wisata alam dan pantai Kebumen sangat luar biasa. Namun sampai saat ini belum dikembangkan secara optimal,” ujarnya.

Sementara itu, Sri Hayati mengakui kemungkinan dia maju melalui jalur independen sangat besar. Namun dia juga tidak menutup diri maju lewat partai politik (parpol).(banyumasnews.com/kbm)

1 Comment

  1. PILIHAN BUPATI KEBUMEN 2010

    Mulai ramainya program tim sukses calon Bupati Kebumen, terasa dengan pemasangan poster di tepi-tepi jalan. Namun baru dua calon yang melakukannnya yaitu poster H. Buyar Winarso, SE dan H. Poniman Kasturo. Hal ini sangat dipengaruhi oleh perhitungan para kandidat bupati untuk melakukan langkah stategis untuk mendapat simpati masyarakat Kebumen.
    Diacara pembukaan pameran ULTAH Kebumen tanggal 26/12/2009 sampai 2/1/2010, Bupati Kebumen, KH. Nashiruddin mengomentari dengan adanya pemasangan poster tanpa adanya calon wakil bupati. Menurut beliau, pemasangan harus dengan gambar wakil bupatinya sekaligus. Dengan demikian maka masyarakat dapat secara jelas melihat siapa pasangan yang dicoblos nantinya. Diperkirakan pencoblosan dilakukan bulan April 2010, dengan sedikitnya waktu hanya 3 bulan ke depan dibutuhkan strategi khusus untuk trik meraih dukungan.
    Seperti yang dilakukan H. Buyar Winarso, SE, telah melakukan sosialisasi terhadap 200-an kyai-kyai Kebumen di hotel Candisari Karanganyar Kebumen, beliau juga mendapat dukungan dari partai PAN, PPP, dan PKNU Kebumen.
    Namun yang disayangkan belum adanya pembukaan pen daftaran calon Bupati yang menyebabkan para calon belum memasang calon wakil bupatinya. Sebagai warga Kebumen hanya berharap Pemilihan Bupati 2010 akan berjalan lancar, sehingga masyarakat kebumen lebih cepat merespon siapa yang akan dipilihnya. Ini merupakan tugas bupati sekarang KH. Nashiruddin untuk segera melaksanan pesta demokrasi ini, yang diperkirakan beliau juga akan mencalonkan diri kembali. Dwi,Buluspesantren.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.