Kapolda:Kader teroris banyak dari Jawa Tengah

Pernyataan Kapolda Jateng Irjen Pol FX Alex Bambang Riatmodjo cukup mengejutkan. Dia mengakui jika kader-kader teroris banyak yang direkrut dari wilayah Jateng. Dengan banyaknya kader teroris ini menjadikan warning bagi masyarakat Jateng dan harus lebih waspada terhadap munculnya jaringan teroris.

Karena itu Kapolda meminta masyarakat diminta waspada meski upaya melakukan penangkapan terhadap pelaku-pelaku teror yang menjadi daftar pencarian orang tetap dilakukan. Kapolda menyataan hal itu disela-sela kunjungan ke Purbalingga dalam rangka hibah tanah Pemkab kepada Polres Purbalingga dan pembukaan Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Daerah (Pertikarada) Jawa Tengah di Lapangan Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Senin, (3/8).

Dikatakan Kapolda, masyarakat harus turut berpartisipasi aktif dalam menangkap pelaku teror atau menginformasikan keberadaan pelaku-pelaku teror yang dicari polisi. “Tidak hanya masyarakat Jawa Tengah yang harus waspada, daerah lain di Indonesia juga harus meningkatkan kewaspadaan,” kata Kapolda.

Salah satu upaya untuk mencegah aksi terorisme, kata Kapolda, masyarakat diimbau untuk tidak mau dibina oleh kelompok-kelompok teroris. “Oleh karena saya di Jawa Tengah, saya minta warga agar jangan mau dibina oleh mereka (teroris-red), apalagi tokohnya bukan dari bangsa kita. Jangan mau bangsa kita ‘diaduk-aduk’ oleh mereka dan diajak untuk melakukan teror bagi bangsa sendiri,” katanya.

Kapolda juga meminta agar masyarakat ikut mengawasi jika mengetahui adanya kegiatan yang mencurigakan dan segera melaporkan kepada polisi jika ada pendatang yang berperilaku mencurigakan dan aneh.

Sementara mengenai pemasangan selebaran dan baliho bergambar foto Noordin M. Top di berbagai daerah, kapolda mengatakan, gembong teroris ini merupakan target utama penangkapan sehingga Polri berharap masyarakat bisa lebih mengenalinya dan membantu melakukan penangkapan jika mengetahui keberadaan orang tersebut.

Meski demikian, dia mengakui, untuk sementara baru dilakukan pemasangan poster bergambar wajah Noordin M. Top karena Polda Jateng belum belum menerima foto-foto DPO lainnya. Untuk wilayah Polwil banyumas sendiri telah disebarkan sekitar 22 ribu gambar dan baliho ke berbagai daerah.

“Gambar Noordin sengaja dipasang dalam ukuran besar agar masyarakat dengan mudah melihatnya, bukan karena dia mau nyalon kades,” kata Kapolda setengah berseloroh (banyumasnews.om/pbg)

1 Comment

  1. Polisi Jateng gimana…lah wong Noordin Mtop tuh nga ada? diatuh ibarat cerita dalam wayang..hanya sebagai cerita yang menina bobokan masyarakat yag menunjukan seolah2 polisi telah bekerja memberantas terororis…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.