Kapolda pagi tadi buka Pertikarada Pramuka Saka Bhayangkara Se-Jateng

Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Daerah (Pertikarada) Kwarda XI Jateng di lapangan DPertikarada1esa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsar,Senin (3/8) dibuka Kapolda Jateng Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo selaku Majelis Pembimbing Daerah (Mapida) Kwarda Jateng. Pertikarada akan berlangsung selama enam hari hingga 8 Agustus 2009 di bumi perkemehan Munjuluhur,Kutasari.

Hadir dalam acara tersebut Kombes Pol HM Gufron, Kapolres AKBP Drs Ruslan Effendi,M.Si,  Bupati Purbalingga Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si dan sejumlah tamu undangan lainnya. Pertikarada diikuti 967 pramuka dari Satuan Bakti Bhayangkara se- Polres Jateng.

Kapolda Jateng mengatakan, Saka Bhayangkara dibentukuntukmewujudkan kader-kader bangsa yang ikut bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat serta kepatuhan terhadap hukum melalui pendidikan kebhayangkaraan di dalam gerakan pramuka.

“Tugas Saka Bhayangkara diperlukan untuk membantu Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif yang merupakan keperluan hakiki masyarakat akan kebutuhan suasana aman, tertib dalamtata kehidupan masyarakat,” kata Kapolda.

Dikemukakan Kapolda, arah pembinaan Saka Bhayangkara yakni keselarasan dan keutuhan antara tiga segi orientasi hidup yakni orientasi kepada Tuhan, orientasi kepada diri pribadi dan orientasi keluar. Orientasi kepada Tuhan Yang Maha Esa,  juga didukung oleh nilai rohani yang luhur dan falsafah Pancasila yaitu pengembangan sebagai insan berketuhanan yang maha esa.
“Dalam hal orientasi diri pribadi, yakni pengembangan sebagai insan biologis, insan intelek dan kejiwaan serta insan kerja, guna mengembangkat bakat dan kemampuan jasmani rohani,” kata Kapolda.

Orientasi keluar, lanjut Kapolda, anggota Saka Bhayangkaradituntut untuk mengembangkan diri sebagai insan sosial, insan sosial politik, dan insan patriotik pembela negara, serta insan sosial ekonomi termasuk insan profesi yang memiliki kemampuan untuk menggali, memanfaatkan,  danmendayagunakan sumberdaya.

“Saka Bhayangkara kedepan juga harusmenumbuhkan  kemampuan untuk mawas diri, kreatif,kritis, dan konstruktif serta menumbuhkan kesadaran bagi keseimbangan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia,” kata Kapolda.

Kapolda menambahkan Saka Bhayangkara telah termonitor dan terbukti sebagai  satuan karya yang tergiat. Hal ini dibuktikan dengan predikat sebagai juara umum dua kali berturut-turut dalam Pertikaranas kedua di Selorejo Kabupaten Malang Jatim dan juara umum Pertikaranas ketiga di Cibubur Jakarta Timur.

“Kondisi ini memberikan gambaran bahwa Polri telah mempunyaimitra kamtibmas swakarsa yang handal dan berprestasi yakni Saka Bhayangkara,”  tambah Kapolda.

Sementara itu Kepala Biro Bina Mitra  Polda Jateng selaki Ketua Pimpinan Saka Bhayangkara Kombes Pol Drs Chrisyono TS, MM mengatakan, Pertikarada digelar untuk memberikan pembinaan generasi muda dan memotivasi dalam meningkatkan pembinaan Saka Bhayangkara di wilayah Jateng. Kegiatan yang dilaksanakan dalam Pertikarada antara lain  bakti masyarakat, pendalaman krida dan ceramah lantas, pencegahan dan penanggulangan bencana, ketertibanmasyarakat, Polmas, bela negara, penanggulangan  dan penyalahgunaan narkoba,  dan sejumlah kegiatan lainnya (banyumasnews.com/pbg)

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.