Jaringan irigasi di Cilacap rusak 500 kilometer

Ditulis 01 Jul 2009 - 22:36 oleh Mr Banyumas

petani cikacapJaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kini kondisinya rusak dan perlu segera ditangani. Setidaknya jaringan yang rusak mencapai 500 kilometer.
“Perbaikan tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri, kelompok tani juga harus membantu,” kata pejabat Dinas Pertanian dan Peternakan Cilacap, Sino Sutrisno, Minggu (17/5).
Sino mengatakan kemampuan pemerintah untuk memperbaiki Jaringan irigasi hanya 10 kilometer per tahun. Artinya, kata dia, kemampuan pemerintah tak sebanding dengan total kerusakan yang terjadi.
Ia menyebutkan, selain Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani, irigasi jenis lainnya juga banyak mengalami kerusakan. “Tahun depan kemungkinan kerusakan bisa bertambah,” imbuh dia.
Sino mengatakan peran kelompok tani dalam keterlibatan perbaikan Jaringan sangat besar. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, pemeliharaan saluran irigasi menjadi tanggung jawab bersama antara petani dan pemerintah.
Ia mencontohkan pelibatan masyarakat dalam pemeliharaan irigasi. Di Majenang, kata dia, Dinas bersama kelompok tani berhasil memperbaiki irigasi sepanjang tiga kilometer untuk persawahan seluas 800 kilometer. (tempointeraktif.com)

Foto: Rioardi.wordpress.com

Tentang Penulis

Leave A Response