Berebut kursi Pinwan, kalangan Dewan di Banyumas gerah

Ditulis 03 Agu 2009 - 09:58 oleh Banyumas1

SIAPA yang bakal menduduki kursi pimpinan dewan (Pinwan) di Banyumas kini mulai ramai diperbincangkan. Bahkan sejumlah nama sempat beredar mengklaim paling berpeluang. Beredarnya nama nama ini membuat sejumlah elit poltik di Banyumas mulai gerah. Aksi saling lontar manuver dan rebut simpati mulai di galakan. Namun disisi lain, penyebutan nama yang dinilai masih terlalu dini ini tidak jarang menimbulkan konflik internal partai.

Ketua DPD Partai Golkar Banyumas Haris Subyakto misalnya, menegur keras salah satu pengurus partai yaitu Suradi Hi Al Karim. Pengurus partai berlambang pohon beringin ini dinilai telah mendahului sikap partai dan terlalu mencampuri urusan internal partai lain.

“Sampai saat ini partai kami belum menunjuk satu namapun,hal ini akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke DPD I. Kami jugamenyayangkan sikap Suradi yang merilis satu paket pinwan yang terdiri dari PDIP, Golkar, Demokrat dan PKB. Tolong dicatat, hal tersebut merupakan sikap pribadi dan bukan sikap resmi partai berlambang beringin tersebut,” ujar Haris.

Haris mengaku, sikap Suradi ini juga menimbulkan gerah partai lain. Karena itu Partai Golkar sudah menyampaikan teguran dan kepada pihak-pihak lain yang merasa terganggu dengan pernyataan tersebut. Karena , menurut Haris, pihaknya sangat menghormati mekanisme pemilihan pimpinan dewan di partai lain, baik PDIP,Demokrat, PKB maupun partai lainnya. Dimana proses tersebut tidak boleh mendapat campur tangan dari orang lain, terlebih lagi dari partai lain.

Seperti diketahui,Suradi Al Hikam dengan mengatasnamakan Tri Karya menyampaikan bahwa unsur pimpinan DPRD Banyumas mendatang yang terbaik adalah dengan komposisi, Ketua DPRD dari PDIP yaitu Juli Krisdianto, wakil
ketua dari Demokrat, Widodo Dwi Prastowo, wakil ketua dari Golkar, Supangkat dan wakil ketua dari PKB, Maryatin. Sikap ini mengundang polemik, mengingat hampir semua partai belum membicarakan lebih lanjut soal siapa yang bakal duduk dalam kursi pinwam.

Padahal selain Juli Krisdianto di PDIP juga beredar nama lain seperti Ketua Fraksi, Bambang Pujiono, ada pula pendulang suara terbanyak yaitu Ketua PAC Gumelar, Agus Supriyanto serta Ketua Bapillu PDIP, Subagio SPd. Dari Partai Golkar, selain Supangkat,juga ada Ali Basalamah yang meraup suara terbanyak .

Kegerahan juga dirasakan anggota DPRD lainnya seperti Ning LAPAS. Menurutnya, meski dirinya tak terpilih lagi, pernyataan siapa bakal memimpin dewan terlalu dini. “Ya kita anggap itu sebagai wacana saja,” ujar Ning yang dihubungi Senin (03/08) (banyumasnews.com/n-1)

Tentang Penulis

Leave A Response