Total santunan Jasa Raharja Rp 21,5 milyar

Ditulis 01 Jul 2009 - 22:15 oleh Mr Banyumas

Pembayaran dana santunan oleh PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Purwokerto pada tahun 2008 mencapai Rp 21.525.693.641,00 untuk 2.386 korban. Hal tersebut disampaikan H Mustimar Karimi, Kepala Cabang Jasa Raharja Provinsi Jawa Tengah dalam acara Sosialisasi Jasa Raharja kepada para Camat, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan (Kades/Kalur) serta perwakilan Dinas/Badan/Kantor se-Kabupaten Banyumas di Gedung Korpri kemarin (Kamis, 26/6).
Acara sosialisasi yang dibuka oleh Bupati Banyumas, Drs H Mardjoko MM ini menghadirkan pembicara dari pihak Unit Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (UPPAD) Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Banyumas dan PT Jasa Raharja (Persero). Mustimar Karimi menjelaskan mengapa sosialisasi ini diprioritaskan untuk Kades/Kalur.
”Hal ini karena Desa/Kelurahan memberikan Surat Keterangan keabsahan ahli waris di saat warganya meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.”
Tugas pokok Jasa Raharja, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara dibawah Departemen Keuangan RI, adalah memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas di darat, laut dan udara sesuai ketentuan UU Nomor 33 dan 34 tahun 1964 serta menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat berupa iuran wajib dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan.
UU No. 33 Tahun 1964 jo PP No. 17 Tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang menyebutkan setiap penumpang sah alat angkutan umum diwajibkan membayar Iuran Wajib, dan mereka mempunyai hak diberikan Jaminan pertanggungan kecelakaan diri selama berada dalam alat angkutan umum (darat, laut, penyeberangan & udara). Sedangkan UU No. 34 Tahun 1964 jo PP No. 18 Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Kewajiban menyatakan bahwa setiap pemilik/pengusaha kendaraan bermotor membayar Sumbangan Wajib (SWDKLLJ) – dibayarkan bersamaan dengan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat yang didalamnya ada UPPAD dan Jasa Raharja.
Dengan demikian diberikan hak bahwa setiap orang yang berada diluar kendaraan bermotor yang menimbulkan kecelakaan, yang menjadi korban diberikan hak atas suatu pembayaran dari Dana kecelakaan lalu lintas jalan. (banyumas.go.id)

Tentang Penulis

Leave A Response