Purbalingga Raih ICT Pura 2013

pbg baruPURBALINGGA (BNC) – Kabupaten Purbalingga meraih Information Communication Technology(ICT) Pura 2013. Sayangnya, Wakil Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto tidak dapat menghadiri acara penganugerahan yang langsung diberikan oleh Menkominfo Tifatul Sembiring di Samarinda-Kalimantan Timur, Kamis malam (31/10) karena surat undangan dari Kemenkominfo RI baru diterima Pemkab Jumat (1/11).

“Sayang sekali, surat tertanggal 21 Oktober 2013 itu baru kami terima Jumat siang. Padahal penganugerahannya Kamis malam,” ujar Kepala Bagian Humas Setda Purbalingga Drs Rusmo Purnomo, Jumat (1/11).

Untuk diketahui, ICT PURA diberikan Kementrian Kominfo RI kepada kabupaten/kota yang dianggap giat mengembangkan bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika. Tahun 2013 ini, Purbalingga menjadi satu dari 32 kabupaten/kota se-Indonesia yang meraih penghargaan bergengsi ini.

Dalam Surat Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 1030/KOMINFO/DJPPI/PR.01.03/10/2013 Perihal Undangan Malam Anugerah ICT Pura dan Apresiasi USO 2013, penentuan kabupaten/kota yang layak menerima ICT Pura berdasarkan hasil survey dan pemeringkatan dari Tim ICT Pura 2013 tanpa sepengetahuan Pemkab Purbalingga.

Menurut Rusmo, pengahargaan ini diperoleh Pemkab Purbalingga karena Purbalingga relatif giat mengembangan ICT untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang sangat mendukung realisasi Electronic Government (e-gov). Beberapa upaya mempersiapkan pemerintahan di di era digital, diantaranya pemberdayaan SDM dalam rangka melek teknologi, dibangunnya layanan internet di 18 kecamatan dan beroperasinya mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan, serta layanan internet di jajaran SKPD baik dinas, badan, kantor atau bagian.

“Kami juga memiliki website (purbalinggakab.go.id) yang selalu di up date setiap hari terutama terkait pemberitaan seputar Pemkab Purbalingga. Setiap hari Bagian Humas Setda Purbalingga juga rajin mengirimkan press release ke media massa melalui email yang biasanya akan dimuat di media cetak esok harinya atau bahkan langsung ditayangkan di media on line ataurunning text-nya televisi nasional,” jelasnya lagi.

Rusmo menambahkan press release yang dibuat oleh stafnya tak hanya dikirim melalui email ke media massa tapi juga ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Jateng Newsroom-nya (jatengprov.go.id) dan ke Kementerian Kominfo RI. Pihaknya juga memperkuat jaringan di tiap SKPD dan kecamatan melalui kader-kader kehumasannya yang mendapatkan peningkatan wawasan melalui kegiatan Penguatan Fungsi Bakohumas.

“Jadi, teknologi komunikasi dan informatika mau tidak mau memang menjadi kebutuhan vital kami,” imbuhnya.

Disamping itu, Pemkab Purbalingga juga telah mengaktifkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang memudahkan pihak swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan atau pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan Pemkab Purbalingga. Meski belum maksimal, Pemkab Purbalingga juga telah mengoperasikan koneksi intra net. (cie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.