Diklat Capacity Building Perencanaan Pembangunan Sukses

 

BANYUMAS (bnc) : Diklat Teknis Capacity Building Perencanaan Pembangunan yang dilaksanakan di Kantor Diklat Kabupaten Banyumas dan diikuti oleh 45 orang Kepala Dinas dan Lembaga Teknis Daerah, serta Aparatur Perencana di lingkungan Pemkab Banyumas, Senin (17/6) secara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Banyumas, dr Budhi Setiawan.

 

Kepala Kantor Diklat Kabupaten Banyumas, Agus Nurhadie SSos MSi melaporkan, kegiatan yang dimulai Senin (20/5) tersebut berlangsung tertib, aman, selamat dan sukses. Agus menjelaskan, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh pembimbing, narasumber dan penyelenggara, 45 orang peserta dinyatakan memenuhi kriteria kelulusan.

 

Selanjutnya, kepada para peserta diklat yang telah selesai mengikuti seluruh program diklat serta memenuhi kriteria kelulusan yang telah ditetapkan akan diberikan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) yang dikeluarkan oleh Lembaga Administrasi Negara RI.

 

Agus juga mengatakan, para peserta diklat selain mengikuti materi dan diskusi di Kantor Diklat Kabupaten Banyumas juga diwajibkan mengikuti observasi lapangan (OL) dengan lokasi di Pemerintah Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Badung Provinsi Bali.

 

Dari hasil OL tersebut mereka diwajibkan menyusun kertas kerja kelompok (KKK) yang terbagi dalam 4 kelompok yaitu : Kelompok 1 bidang kesejahteraan sosial dengan fokus kajian tentang peran Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat; kelompok 2 bidang pemerintahan dengan fokus pengelolaan keuangan daerah Kota Balikpapan.

 

Selanjutnya kelompok 3 bidang ekonomi dengan fokus pengembangan potensi pariwisata Kota Badung, dan kelompok 4 bidang prasarana wilayah dengan fokus pada bidang kebinamargaan dan pengairan Kota Badung.

 

Menurut Agus, hasil akhir pelaksanaan diklat ini selain terjadinya penyamaan persepsi dan bertambahnya pengetahuan dan cakrawala pandang para kepala SKPD, melalui diklat ini para kepala SKPD juga telah selesai menyususn Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Renstra SKPD sebagai penjabaran visi, misi dan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Banyumas periode 2013-2018.

 

Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein dalam sambutan dibacakan oleh Wabup Budhi Setiawan berharap para alumni diklat bisa mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama diklat dalam aplikasi perencanaan pembangunan di masing-masing SKPD. Husein juga berharap agar hal-hal positif yang telah diperoleh selama studi komparasi di Balikpapan dan Badung bisa ditiru dan dimasukkan dalam perencanaan pembangunan, serta diimplementasikan di SKPD sesuai dengan tupoksi masing-masing.(sbr)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.